Bakti BUMN untuk Mandalika

Bakti BUMN untuk Mandalika

JawaPos.com – Untuk mendukung percepatan program pengembangan Mandalika, Pemerintah bekerja sama dengan seluruh unsur pentahelix (akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media) untuk meningkatkan kualitas sumber daya alam dan sumber daya manusia, akses pelayanan, dan infrastruktur dasar pariwisata.

BUMN sebagai agen pembangunan juga diharapkan dapat terlibat membangun pengembangan daerah Mandalika.

Adanya pengembangan Mandalika memberikan dampak bagi Mandalika dari berbagai aspek kehidupan yaitu lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya. Oleh karena itu, sebagai inisiasi BUMN dalam mendukung pengembangan Mandalika, 35 BUMN berkolaborasi dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang diwujudkan melalui Bakti BUMN untuk Mandalika.

Sebagai puncak dari acara Bakti BUMN Untuk Mandalika, telah dilaksanakan Seremonial Kolaborasi Bakti BUMN Untuk Mandalika pada Sabtu, 1 Oktober 2022 oleh Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Bapak Tedi Bharata, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bapak Zulkieflimansyah, serta Pejabat Perwakilan BUMN.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang terjalin antara BUMN, Pemda dan Masyarakat NTB sehingga Program Bakti BUMN untuk Mandalika dapat terlaksana dengan baik.

“Pemerintah telah menetapkan Mandalika sebagai salah satu dari 5 DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas) dan untuk mewujudkannya BUMN telah membangun Sirkuit Mandalika dan telah melaksanakan berbagai event nasional dan internasional. Program Bakti BUMN Untuk Mandalika hadir sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN untuk melaksanakan berbagai kegiatan sosial bagi masyarakat NTB, khususnya Mandalika,” ujar Erick dalam video sambutan yang ditayangkan pada acara tersebut.

Erick menjelaskan program TJSL terfokus pada 3 bidang prioritas yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK.

“Kesuksesan Bakti BUMN Untuk Mandalika ini adalah kolaborasi yang telah dijalankan oleh berbagai pihak baik itu BUMN, Pemerintah Daerah dan Masyarakat sekitar Mandalika. Semoga BUMN serta Pemda dan masyarakat Mandalika dapat terus bersama-sama mewujudkan Indonesia yang Maju, Makmur dan Mendunia” lanjutnya.

Sesuai arahan Menteri BUMN, program yang dilaksanakan merupakan program yang selaras dengan tiga prioritas program TJSL dan sesuai kebutuhan masyarakat Mandalika. BUMN dalam pelaksanaan program turut melibatkan Pimpinan Daerah serta Masyarakat setempat dalam pelaksanaannya, baik dalam perencanaan, pemberian pelatihan hingga pengelolaan bantuan yang diberikan.

Program-program yang dilakukan dalam Bakti BUMN untuk Mandalika bertempat di Bypass Labulia berupa Penanaman 6.071 Pohon, Pembangunan Masjid Al-Hakim, Desa Rengganis, SD Negeri 01 Desa Kuta, serta Balai Desa Kuta Mandalika.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM


Credit: Source link

Related Articles