Bandara Letung Siap Dukung Wisata Kepulauan Anambas

by

in
Bandara Letung Siap Dukung Wisata Kepulauan Anambas

Peresmian Bandara Letung, Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (14/10/2019)

Anambas, Jurnas.com –  Bandar Udara (Bandara) Letung telah resmi beroperasi dan siap mendukung sektor pariwisata di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Bandara yang terletak di Pulau Jemaja Kecamatan Jemaja Timur ini telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Senin kemarin.

“Bandar Udara Letung menjadi salah satu infrastruktur penunjang program penetapan Kepulauan Anambas sebagai kawasan wisata laut nasional,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti hari ini, Selasa (15/10/2019).

Polana menyatakan bahwa transportasi udara merupakan moda transportasi utama di daerah kepulauan.

“Moda transportasi udara telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia terutama masyarakat Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Sehingga mengambil andil yang besar dalam meningkatkan trend pengguna moda transportasi udara,” papar Polana.

Berdasarkan kajian Rencana Induk, Bandar Udara Letung memiliki kebutuhan lahan sekitar kurang lebih 136 hektar. Lahan tersebut digunakan untuk bangunan fasilitas sisi udara dan bangunan fasilitas sisi darat serta infrastruktur pendukung lainnya.

Bandar Udara Letung memiliki panjang landas pacu dengan dimensi 1400 x 30 meter, apron 70 x 125 meter dan taxiway 15 x 125 meter, sehingga mampu melayani pesawat sejenis ATR 72. Operasional penerbangan dilaksanakan oleh maskapai Wings Air dengan pesawat berjenis ATR 72 500/600 dengan rute Batam-Letung PP seminggu empat kali dan Tanjung Pinang-Letung PP seminggu sekali.

TAGS : Bandara Letung Kepulauan Anambas

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60914/Bandara-Letung-Siap-Dukung-Wisata-Kepulauan-Anambas/