Banjir Awal Tahun, Ini Tiga Perintah Joko Widodo

by

in
Banjir Awal Tahun, Ini Tiga Perintah Joko Widodo

Banjir di Cakung, Jakarta Timur (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) perintahkan tiga hal prioritas atasi banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) di awal tahun 2020.

“Pertama, urusan banjir yang paling penting ini adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga harus di nomorsatukan,” kata Presiden Jokowi, Rabu (1/1/2019).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemerintah provinsi, hingga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas semuanya harus segera bergerak bersama-sama.

“Untuk dapat memberikan rasa aman, memberikan keselamatan kepada warga yang terkena bencana banjir,” tegas Joko Widodo.

Hal kedua, terkait dengan normalisasi fasilitas umum. “Yang kedua, yang berkaitan dengan normalisasi untuk fasilitas-fasilitas umum karena ini sudah masuk di Jakarta sudah masuk ke Halim, sudah masuk ke Tol Cikampek, kemudian juga di beberapa objek vital, saya kira ini harus segera dinormalisasi sehingga fungsi-fungsi itu kembali menjadi normal,” ungkap Presiden.

Baca juga.. :

Hal ketiga adalah kerja sama pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengatasi banjir. Menurut Presiden, yang paling penting juga pemerintah pusat dan pemerintah provinsi harus bekerja bersama-sama dalam menanggulangi hal ini, terutama yang berkaitan dengan urusan-urusan banjir karena pemerintah pusat memang ini baru dalam proses dan belum selesai.

Joko Widodo lantas menyebut Waduk Cimahi dan Waduk Ciawi yang kemungkinan baru tahun depan selesai. “Akan tetapi, di luar itu, semuanya harus selesai,” kata Presiden Jokowi.

Presiden sudah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono untuk mengecekdaerah yang terkena banjir.

TAGS : joko widodo jakarta banjir BNPB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/64916/Banjir-Awal-Tahun-Ini-Tiga-Perintah-Joko-Widodo/