Bank Mandiri Genjot KUR Sampai Akhir Tahun

Bank Mandiri Genjot KUR Sampai Akhir Tahun

JawaPos.com – Bank Mandiri terus menggenjot penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) naik kelas. Serta turut berkontribusi mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

“Sejalan dengan aspirasi Pemerintah dalam mendukung UMKM, “penyaluran KUR juga menjadi wujud komitmen Bank Mandiri untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif,” ujarnya SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso, Kamis (17/11).

Hingga akhir Oktober 2022, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR senilai Rp 34,38 triliun kepada lebih dari 319 ribu debitur. Jumlah tersebut mencapai 85,96 persen dari plafon target 2022 sebesar Rp 40 triliun.

Penyaluran KUR Bank Mandiri didominasi oleh sektor produksi. Mencapai Rp 20,53 triliun atau 59,71 persen dari total realisasi KUR. Realisasinya, penyaluran KUR terserap paling besar ke sektor pertanian sebanyak 29,34 persen. Lalu diikuti sektor jasa produksi sebesar 20,14 persen, industri pengolahan hingga 8,22 persen, dan sektor perikanan 1,99 persen.

Josephus berkomitmen mampu memenuhi target penyaluran KUR sampai akhir tahun ini. Bank berlogo pita emas itu juga berupaya untuk mengembangkan segmen UMKM agar berdaya saing tinggi. Salah satunya melalui Rumah BUMN sebagai wadah pelatihan dan pembinaan.

Pelatihan memanfaatkan ekosistem digital diajarkan. Seperti e-commerce dan sosial media untuk memperluas pasar UMKM lokal. “Total, yang tergabung dalam 22 rumah BUMN Bank Mandiri sudah lebih dari 13.600 UMKM dengan jumlah tenaga kerja mencapai 42 ribu,” jelasnya.

Secara sektoral, kata Josephus, bsinis UMKM terus menunjukan pertumbuhan. Kondisi ini diperkirakan akan terus berlanjut. Seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat serta dukungan pemerintah dalam menopang pertumbuhan UMKM.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Agas Putra Hartanto


Credit: Source link

Related Articles