Bank Siapkan Uang Tunai Akhir Tahun Lebih Banyak

Bank Siapkan Uang Tunai Akhir Tahun Lebih Banyak

JawaPos.com – Perbankan menyiapkan kebutuhan uang tunai jelang Natal dan tahun baru (nataru) 2023. Jumlahnya lebih besar dari tahun sebelumnya. Seiring terkendalinya pandemi Covid-19 dan pelonggaran pembatasan mobilitas masyarakat.

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan tunai Rp 21 triliun. Dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai masyarakat selama periode 1 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Jumlah tersebut naik 12 persen dari tahun lalu.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha memproyeksikan kenaikan transaksi ATM maupun EDC (electronic data capture) di masyarakat bakal meningkat. Saat ini, total ATM Bank Mandiri yang beroperasi tercatat sebanyak 13.026 mesin. Terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia.

Sedangkan transaksi pada mesin EDC sejalan dengan adanya pembagian tunjangan hari raya (THR) karyawan yang merayakan Natal. Serta, berbarengan dengan Hari Belanja Nasional (Harbolnas). “Mengintisipasi hal ini, Bank Mandiri telah menyediakan jaringan EDC yang digunakan oleh lebih dari 338.601 mitra merchant untuk mendukung transaksi non tunai nasabah,” kata Rudi, Jumat (16/12).

Dia juga memastikan layanan konsumen siap untuk membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Begitu pula, jaringan elektronik banking. Seperti super app Livin’ by Mandiri, Kopra by Mandiri, serta SMS Banking.

Rudi mendorong nasabah untuk memanfaatkan fitur digital dalam Livin’ by Mandiri. Melalui fitur Livin’ Sukha, nasabah dapat membeli tiket pesawat, tiket kerita api, entertainment, pembelian voucher gim, sampai pengajuan kredit. Sampai awal Desember 2022, Livin’ by Mandiri telah diunduh oleh lebih dari 20 juta kali. Dengan total transaksi lebih dari 1,7 miliar dan nilai transaksi menembus Rp 2.100 triliun.

Sementara itu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyediakan uang tunai sebesar Rp 37,6 triliun menjelang libur Nataru 2022. Naik 8 persen dibandingkan 2021. Bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi tarik dan setor tunai, dapat menggunakan ATM Setor-Tarik BCA yang siap 24 jam. Terkait operasional cabang saat hari raya Natal dan Tahun Baru 2023, BCA akan mengikuti jadwal operasional Bank Indonesia (BI).

“Saat ini kami sedang berkoordinasi dan berkomunikasi dengan otoritas dan regulator perbankan,” jelas Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Agas Putra Hartanto


Credit: Source link

Related Articles