Beda Agama, Susan Sameh Antar Ibunda ke Gereja di Hari Natal

Beda Agama, Susan Sameh Antar Ibunda ke Gereja di Hari Natal

JawaPos.com – Kehidupan yang dijalani Susan Sameh bersama orang tuanya merupakan potret nyata toleransi yang terbentuk dalam institusi terkecil yaitu keluarga. Kendati berbeda agama, mereka tetap saling menghargai dan saling menyayangi satu sama lain.

Susan Sameh mengatakan, momen Natal yang akan segera tiba dalam beberapa hari ke depan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi ibunya. Pasalnya, ini pertama kalinya dia akan ke gereja merayakan Natal setelah sekitar dua tahun belakangan tak dapat melaksanakannya lantaran terhalang oleh pandemi Covid-19.

“Natal tahun ini benar-benar senang ya karena tahun lalu mami aku nggak bisa ke gereja ada pandemi, tapi tahun ini aku bisa menemani mami aku ke gereja,” ujar Susan Sameh saat ditemui di bilangan Senayan Jakarta Sabtu (17/12).

Dia akan mengantarkan ibunda ke gereja di hari Natal sebagai salah satu langkah untuk menjaga kerekatan hubungan. Sejak dulu pemain film Dear Nathan: Thank You Salma itu sudah terbiasa dengan perbedaan karena kedua orang tuanya juga memiliki perbedaan dalam hal keyakinan.

Bagi Susan Sameh, keyakinan merupakan ranah yang sangat privat kaitannya antara yang bersangkutan dengan Tuhannya secara langsung. Namun perbedaan agama dan keyakinan bukan menjadi ajang untuk bertikai dan membenci, tapi justru menjadi momen untuk saling menghargai dan saling menguatkan.

“Walaupun aku beda agama, tetap aku support mami. Pada saat bulan puasa pun mami aku ikutan puasa, malah membangunkan aku, ‘Susan ayo sahur’,” katanya menirukan perkataan ibunda,

Momen Natal dan tahun baru merupakan momen istimewa bagi Susan Sameh lantaran pada momen tersebut dirinya berusaha mengalokasikan waktu khsusus untuk keluarga.

“Aku sesibuk apapun dengan pekerjaan, aku pasti selalu usahakan tahun baru sama keluarga,” tegas Susan Sameh.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Abdul Rahman


Credit: Source link

Related Articles