Belanja Online Didominasi Generasi Z Selama Pandemi, Ini Datanya

Belanja Online Didominasi Generasi Z Selama Pandemi, Ini Datanya

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 telah berdampak pada peningkatan adopsi dan penggunaan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, terutama pada Generasi Z. Generasi Z sendiri merupakan masyarakat yang berusia 18 hingga 26 tahun.

Menurut sensus Badan Pusat Statistik (BPS), Generasi Z merupakan segmen terbesar di Indonesia yang mencakup 27,94 persen dari total penduduk. Generasi ini cerdas secara digital dengan daya beli yang signifikan.

Berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, konsumsi layanan digital pada generasi Z ini mencakup belanja online (e-Commerce), layanan pesan-antar makanan (food delivery), dan layanan pengantaran sembako.

“Survei KIC dilakukan secara online terhadap 1.146 responden antara 13 – 18 April 2021 dan melibatkan responden berusia 18-29 tahun dari Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Semarang, Denpasar, dan Yogyakarta. Sebanyak 82 persen responden berusia 18-26 tahun atau dikenal dengan Generasi Z,” kata Head of Research KIC Stevanny Limuria dalam keterangannya, Rabu (2/6).

Dia memaparkan, peningkatan terlihat dari adanya pengguna baru layanan online, serta perilaku responden yang menyatakan akan terus menggunakan layanan digital, bahkan setelah pandemi. Survei juga menunjukkan bahwa selama tiga bulan terakhir 57 persen responden merupakan pengguna aktif situs e-Commerce, 36 persen menggunakan layanan pengiriman makanan, dan 23 persen menggunakan layanan pengiriman bahan makanan.

“Menariknya, survei menemukan bahwa 44 persen pengguna pengantaran makanan Gen Z adalah pengguna baru yang baru mulai menggunakan layanan ini selama pandemi, dan 90 persen dari mereka menyatakan bahwa mereka ingin untuk terus menggunakan layanan pengiriman makanan setelah pandemi,” kata Stevanny.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles