Berikut Ini Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

Berikut Ini Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

by

in

Bagi Anda yang saat ini sedang menganggur atau sedang mencari pekerjaan, segera manfaatkan fasilitas kartu prakerja melalui prakerja.go.id. Dengan mendaftarkan diri, Anda bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan mulai dari pelatihan kerja hingga gaji setiap bulan.

Tentu untuk mendapatkan semua layanan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, Anda harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai apa itu kartu prakerja, persyaratan hingga keuntungannya, simak informasi di bawah ini.

Apa itu Kartu Prakerja?

Berikut Ini Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

Untuk mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan skill para angkatan kerja, pemerintah telah meluncurkan sebuah program yang disebut dengan kartu prakerja.

Kartu prakerja merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian kerja, serta kemampuan menjadi wirausaha. Program ini ditujukan bagi Anda yang sudah berumur 18 tahun, tidak sedang sekolah atau kuliah, dan saat ini sedang:

  • mencari kerja
  • buruh atau pekerja yang mengalami PHK (pemutusan hubungan kerja)
  • buruh atau pekerja yang ingin meningkatkan kemampuan dan keahliannya
  • buruh atau pekerja yang saat ini dirumahkan
  • buruh atau pekerja yang tidak menerima upah
  • pelaku usaha UMK (usaha mikro dan kecil).

Dan program ini tidak berlaku bagi Anda yang saat ini sedang menjabat sebagai:

  • kepala desa beserta perangkatnya
  • anggota kepolisian
  • anggota tentara
  • ASN atau aparatur sipil negara
  • anggota dewan perwakilan rakyat atau DPR
  • pejabat negara
  • komisaris maupun direksi dari perusahaan milik negara di bawah naungan BUMN.

Program ini merupakan program yang komprehensif yang tidak hanya melibatkan pihak pemerintah, tetapi juga pihak swasta. Kartu prakerja dibuat sebagai sebuah produk yang dikemas secara matang untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan keahlian yang mereka punya.

Melalui prakerja.go.id online, para angkatan kerja bisa dengan mudah mengakses segala informasi termasuk dalam mencari, mengelompokkan dan membandingkan, memilih dan memutuskan, serta memberikan evaluasi kerja.

Tujuan dari program ini sangat jelas, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang lebih unggul untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

Adapun solusi yang ditawarkan oleh program kartu prakerja ini dalam menjawab masalah ketenagakerjaan adalah:

  • Menjadi pendukung dan pelengkap dari pendidikan formal di sekolah
  • Membantu meminimalisir biaya untuk mengadakan pelatihan kerja yang selama ini dibayar oleh perusahaan dan pekerja
  • Meringankan biaya untuk mencari informasi tentang pelatihan kerja
  • Meningkatkan perekrutan angka pekerja dengan mengatasi mismatch
  • Serta menumbuhkan daya beli masyarakat akibat pandemi COVID-19 sehingga perekonomian tetap berjalan.

Manfaat dan Keuntungan Kartu Prakerja

Berikut Ini Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

Program pemerintah yang baik tentu harus memiliki manfaat atau keuntungan bagi siapa saja yang mengikutinya. Mengingat dampak ekonomi dan sosial yang diakibatkan oleh COVID-19, pemerintah melalui kartu prakerja menargetkan 5,6 juta peserta pada tahun 2020.

Berikut adalah berbagai macam keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berhasil menjadi penerima kartu prakerja:

1. Insentif Setiap Bulan

Bagi Anda yang lolos seleksi kartu prakerja, Anda akan mendapatkan insentif setiap bulan dengan besaran Rp 3.550.000. Pembayaran insentif ini akan dicicil selama empat bulan dan dikirimkan ke rekening prakerja Anda.

Insentif bulanan ini diharapkan penggunaannya secara maksimal untuk mendukung kegiatan pelatihan kerja. Rincian insentif ini adalah Rp1.000.000 untuk bantuan pelatihan, Rp600.000 untuk pasca pelatihan yang akan dibayar setiap bulan selama 4 kali. Dan Rp150.000 untuk tiga kali survei pasca pelatihan.

Rekening prakerja Anda berupa e-wallet atau rekening bank biasa yang sudah Anda daftarkan pada prakerja.go.id.

2. Peluang Karier yang Meningkat

Jika Anda berhasil menjadi peserta kartu prakerja, salah satu keuntungan paling utama yang akan Anda nikmati adalah menjadi prioritas karyawan yang akan direkrut. Dengan kata lain, dengan mengikuti program pelatihan kartu prakerja, peluang karier Anda akan meningkat.

Kartu prakerja sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi Anda sebagai peserta, tetapi juga perusahaan yang merekrut Anda. Adapun manfaat lain yang bisa perusahaan dan Anda dapatkan adalah:

  • Peningkatan efektivitas kerja karena peserta sudah dilatih terlebih dahulu dalam menggunakan peralatan. Resiko kerusakan alat juga bisa diminimalisir sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.
  • Peserta yang sudah menjalani pelatihan dengan intensif akan menunjukkan produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak terlatih. Semakin produktif, kuantitas dan kualitas output peserta pun juga semakin meningkat.
  • Persaingan global menuntut adanya standarisasi prosedur yang ketat. Semua perusahaan saat ini membutuhkan karyawan yang terlatih dan mampu menjalankan SOP atau standard operating procedure dengan baik. Karyawan terlatih bisa membantu perusahaan mencapai target.
  • Jika semua karyawan terlatih dan terampil, tentu perusahaan bisa menghemat energi dan biaya untuk melakukan pengawasan. Karyawan yang terlatih dinilai bisa bekerja lebih mandiri dan bertanggung jawab atas kewajiban yang dibebankan.
  • Tentu saja semua peserta yang mengikuti pelatihan akan memiliki keahlian dan keterampilan yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengikuti pelatihan sama sekali.
  • Selama pelatihan, Anda juga akan diajarkan mengenai etos dan etika dalam bekerja yang meliputi masalah loyalitas, cara menghadapi rotasi kerja, komplain atau keluhan, serta masalah dengan HRD (human resource department).

3. Mendapatkan Kursus dan Pelatihan Secara Gratis

Kursus atau pelatihan yang ditawarkan oleh program kartu prakerja bisa diakses secara gratis. Menariknya, semua materi kursus sangat menarik mulai dari fotografi, desain grafis, keterampilan menggunakan komputer, menjahit, keterampilan bahasa asing, perawatan kecantikan, kebugaran hingga content creator di media sosial.

Anda bisa memilih kursus yang Anda sukai dan sesuai dengan minat bakat Anda. Hampir semua kursus ini bisa diakses secara online melalui marketplace seperti Tokopedia, Ruangguru, Bukalapak, Sisnaker dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Prakerja?

Melihat begitu banyaknya keuntungan dan manfaat dari kartu prakerja, tentu Anda sudah tidak sabar untuk mendaftarkan diri. Sejak hari Senin, tanggal 2 November 2020, pemerintah secara resmi telah membuka prakerja.go.id gelombang 11.

Mengingat banyak sekali masyarakat yang tertarik untuk menjadi peserta program ini, pemerintah secara bertahap akan terus membuka pendaftaran hingga target yang diinginkan tercapai.

Untuk gelombang ke-11 ini, pemerintah membuka 400.000 kuota. Bagi Anda yang sudah pernah lolos seleksi kartu pekerja namun diberhentikan keanggotaannya, juga masih bisa mendaftar pada gelombang ini.

Untuk mendaftar pada program ini, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti dengan cermat:

1. Membuat Akun di prakerja.go.id

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses prakerja.go.id daftar untuk membuat akun. Alamat website lengkapnya bisa Anda akses di https://www.prakerja.go.id. Setelah berhasil masuk ke halaman utama, silahkan Anda klik tombol berwarna biru bertuliskan “daftar sekarang”.

Anda akan diminta untuk menuliskan alamat email Anda beserta password yang Anda buat sendiri. Jika sudah, silahkan centang kolom untuk menyatakan bahwa Anda menyetujui semua persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan oleh penyelenggara kartu prakerja.

Terakhir, klik tombol “daftar”. Jika Anda sudah memiliki akun sebelumnya Anda tinggal mengakses prakerja.go.id masuk atau login.

Anda akan mendapatkan sebuah email dari prakerja.go.id dan Anda diminta untuk melakukan konfirmasi. Setelah melakukan konfirmasi, Anda akan diarahkan kembali menuju halaman selanjutnya.

2. Mengisi Data Diri

Halaman selanjutnya adalah mengisi data diri Anda dengan benar di formulir yang telah disediakan. Data diri ini melingkupi nama lengkap, nomor KTP, alamat tempat tinggal, domisili, alamat email, nomor telepon, pendidikan, pekerjaan, foto e-KTP, hingga foto selfie Anda bersama dengan e-KTP Anda.

Pastikan Anda mengisi semua formulir dengan benar untuk mempermudah dan memperlancar proses pendaftaran. Jika sudah benar, Anda akan dikirimi kode OTP ke nomor telepon Anda melalui SMS.

3. Mengikuti Tes

Tahapan selanjutnya adalah mengikuti tes yang melingkupi motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini memiliki tujuan untuk mengenali motivasi, keterampilan dan kemampuan yang Anda punya.

Tes ini dilakukan selama kurang lebih 15 menit. Sebelum tes, kamu bisa mempersiapkan alat bantu seperti pensil atau pulpen, kertas orat-oret, dan sebagainya.

4. Menunggu Hasil Akhir

Setelan Anda menyelesaikan tes tersebut, Anda harus menunggu hasil akhirnya. Hasil tes Anda akan dikirimkan melalui email. Setelah email mengenai hasil diterima, Anda bisa kembali mengakses website prakerja.go.id dan bergabung dalam gelombang ke-11.

Setelah semua tahapan selesai, Anda akan menerima kartu prakerja dan langsung bisa memilih kursus atau pelatihan yang sesuai dengan keinginan Anda.

5. Memilih Kursus atau Pelatihan yang Anda Inginkan

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengikuti kursus atau pelatihan yang mana. Mengingat ada banyak sekali marketplace yang menjadi mitra lembaga pemberi pelatihan dengan konten yang berbeda-beda, Anda harus jeli untuk mendapatkan pelatihan yang terbaik.

Hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah:

  • membandingkan konten atau isi, silabus, durasi atau lama pelatihan, hingga persyaratan apa saja yang harus Anda penuhi untuk mengikuti pelatihan tersebut. Dalam tahap ini mungkin Anda membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tipsnya adalah, cari pelatihan yang sejenis. Misalnya Anda tertarik dengan dunia desain grafis, Anda hanya perlu membandingkan pelatihan yang mengajarkan materi tentang desain grafis.

  • Lihat rating dan review dari peserta kartu prakerja yang sebelumnya sudah pernah mengikuti pelatihan tersebut. Jangan memilih pelatihan yang mentornya tidak mengayomi atau kontennya yang tidak mudah dimengerti.
  • Dengan dana yang ada di rekening prakerja Anda sebesar Rp. 1.000.000, Anda bisa memilih pelatihan mana saja yang bisa dicover oleh dana tersebut. Anda diberi kebebasan untuk menentukan jumlah dan harga pelatihan yang diinginkan.
  • Anda harus memastikan, jika Anda mengikuti pelatihan tertentu, lembaga tersebut memberikan sertifikat. Sertifikat ini sangat penting sebagai bukti bahwa Anda telah menyelesaikan pelatihan dan Anda memiliki keterampilan yang mumpuni.

Biasanya perusahaan yang akan merekrut Anda akan bertanya mengenai keterampilan serta sertifikat apa yang Anda miliki.

  • Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, barulah Anda memilih pelatihan mana yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Anda tinggal mengikuti dan menyelesaikan semua pelatihan yang Anda pilih sebaik mungkin.

Cukup mudah bukan untuk melakukan pendaftaran kartu prakerja melalui situs prakerja.go.id? Karena saat ini pendaftaran peserta gelombang-11 sudah dibuka, segera persiapkan diri Anda dengan baik. Semoga Anda beruntung dan berhasil mendapatkan kartu prakerja.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Apa itu Kartu Prakerja?” answer-0=”Kartu prakerja merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian kerja, serta kemampuan menjadi wirausaha. Program ini ditujukan bagi Anda yang sudah berumur 18 tahun, tidak sedang sekolah atau kuliah” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Apa Manfaat dan Keuntungan Kartu Prakerja?” answer-1=”●Insentif Setiap Bulan ●Peluang Karier yang Meningkat ●Mendapatkan Kursus dan Pelatihan Secara Gratis” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Bagaimana Langkah – Langkah Mendapatkan Kartu Prakerja?” answer-2=”1.Membuat Akun di prakerja.go.id 2.Mengisi Data Diri 3.Mengikuti Tes 4.Menunggu Hasil Akhir 5.Memilih Kursus atau Pelatihan yang Anda Inginkan” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]