Big Mouth, Pengacara Kacangan Dituduh Jadi Mafia Besar

Gocheon, kota kecil dengan masalah besar. Jajaran elitenya dihantui Big Mouse, pelaku kriminal yang menggasak ratusan miliar won. Tapi, kasus itu secara mengejutkan juga melibatkan kalangan biasa: Park Chang-ho, pengacara dengan tingkat kemenangan 10 persen.

PARK Chang-ho (Lee Jong-suk) hancur lebur. Dia dijebak ketika menangani kasus pembunuhan Profesor Seo yang dipasrahkan Wali Kota Choi Do-ha (Kim Joo-hun). Chang-ho dituduh sebagai Big Mouse alias penipu kelas kakap di Gucheon. Hidupnya berubah total. Dari pengacara yang nyaris tak pernah menang menjadi tahanan di penjara terburuk Korea, Lapas Gocheon.

Hanya Go Mi-ho (Im YoonA) yang 100 persen percaya, suaminya tak bersalah. Mana mungkin pengacara payah yang menunggak utang menjadi otak kriminal kasus bernilai miliaran? Dia tak terima. Mi-ho, yang telah bersahabat dengan Chang-ho sejak SMA, melakukan segalanya demi sang suami.

Dia pindah ke RS Universitas Gocheon, tempat kerja Profesor Seo. Di sana, Mi-ho dikucilkan. Pengalaman tujuh tahun sebagai perawat, bahkan di rumah sakit yang lebih baik, seakan sia-sia. Mi-ho bekerja dengan orang-orang yang memiliki cara kerja jauh berbeda dengan apa yang dia pelajari. Dia juga mendapat intimidasi dari istri wali kota yang merupakan direktur RS itu.

Situasi tak berpihak kepada Chang-ho maupun Mi-ho. Mereka ada di tempat yang serba tidak tertebak. Tidak ada yang tahu, yang mana lawan atau kawan. Keduanya pun mengambil langkah dramatis. Chang-ho mengaku sebagai Big Mouse. Sedangkan Mi-ho sesumbar, dirinya punya makalah kontroversial penyebab Profesor Seo dibunuh. Dipisahkan oleh jeruji sel penjara, keduanya berkolaborasi membongkar kasus Big Mouse.

Big Mouth menuturkan cerita kriminal dengan alur cepat. Dua tokoh utama, Chang-ho dan Mi-ho, begitu cepat keluar masuk masalah. Penulis naskah Kim Ha-ram juga cermat menyisipkan drama di tiap episode. Dia dan sutradara Oh Choong-hwan mengatur plot dan penokohan dengan intens. Penonton diajak menemukan Big Mouse lewat serentetan karakter abu-abu. Seakan-akan tiap tokoh bisa saja merupakan Big Mouse sesungguhnya. Hingga jelang dua episode terakhir pun, penonton belum mendapatkan siapa sebenarnya Big Mouse.

Cerita Big Mouth digerakkan Chang-ho dan Mi-ho. Choong-hwan mengungkapkan, dirinya langsung menghubungi Lee Jong-suk untuk peran utama. ’’Dia pas membawakan karakter yang menyenangkan, tapi makin terlihat luar biasa ketika harus membawakan tokoh yang serius dan depresi,” ungkapnya via rilis resmi.

Sementara itu, untuk peran Mi-ho, Choong-hwan dan Jong-suk sependapat. Keduanya langsung merekomendasikan YoonA kepada tim casting. ’’Karakter ini cukup rumit. Dia harus menyeimbangkan gaya bicara yang lugas, tapi tidak membuat orang lain terganggu,” imbuhnya.

Choong-hwan beranggapan, keduanya punya chemistry layaknya sahabat serta pasangan yang bertahan karena rasa percaya. Para cast menilai, Big Mouth menawarkan tantangan yang mereka cari. Jong-suk memilih Park Chang-ho sebagai peran comeback-nya pasca wajib militer. Dia merasa Chang-ho memiliki kekuatan tak terduga. ’’Dia mencurahkan darah, keringat, dan air mata demi menghidupi keluarga dan bertahan hidup,” ujarnya.

Sementara itu, YoonA menceritakan, Mi-ho merupakan peran medis pertamanya. Karakternya juga dikisahkan penuh percaya diri dan tanggung jawab. ’’Kalau harus berperang demi keluarga, dia akan melakukannya. Apa pun bahayanya, dia akan bertarung hingga akhir,” ungkap personel SNSD itu.

YoonA dan Jong-suk sepakat, Big Mouth bakal memuaskan para penggemar cerita kriminal penuh teka-teki. Di sisi lain, drama itu juga menampilkan relationship goal antara Chang-ho dan Mi-ho. ’’Meski terpisah jarak, mereka saling memahami tanpa harus bicara,” kata Jong-suk. YoonA berharap akhir drama bisa memuaskan bagi penontonnya.

BIG MOUTH

SUTRADARA: Oh Choong-hwan

PENULIS: Kim Ha-ram

PENAYANGAN: MBC, Disney+

RATING SENSOR: 17+

JUMLAH EPISODE: 16 (telah tayang 12 episode)

JADWAL TAYANG: Jumat-Sabtu, pukul 22.00

PEMERAN: Lee Jong-suk, Im YoonA, Kim Joo-hun, Yang Kyung-won, Kwak Dong-yeon

RATING:

AsianWiki: 91 persen

IMDb: 8,5/10

TAHUKAH ANDA?

– Big Mouth merupakan drama yang telah rampung produksi sebelum tayang. Syuting dimulai akhir 2022 dengan bujet KRW 30 miliar (Rp 328,1 miliar).

– Tim produksi menyatakan, Jong-suk kerap malu-malu dan salah tingkah saat harus beradu akting dengan YoonA.

– Awalnya Big Mouth dijadwalkan rilis di tvN. Namun, pada April lalu, serial itu dipastikan tayang di slot baru MBC pada Jumat-Sabtu.

– Sejak episode kedua, rating Big Mouth tidak pernah keluar dari lima besar versi AGB Nielsen Korea.

– Slot tayang Big Mouth digantikan The Golden Spoon, drama fantasi adaptasi webtoon yang dibintangi Yook Sung-jae, Lee Jong-won, Jung Chae-yeon, dan Yeonwoo.


Credit: Source link