Bikin Bangga, Batik Mejeng di Billboard Time Square New York

JawaPos.com – Kain nusantara Indonesia, batik, kembali tampil di kancah internasional. Kali ini, batik muncul di Billboard Time Square New York.

Dalam rangkaian bulan batik Indonesia, Yayasan Batik Indonesia atau YBI bangga karena batik berkesempatan tampil lewat video. Video tersebut menampilkan proses pembuatan Batik Indonesia. Selain itu ditampilkan pula model, influencer, orang tua hingga anak-anak yang mengenakan batik, termasuk batik Indonesia yang tampil di panggung New York Fashion Week.

Ketua Umum YBI Yanti Airlangga mengatakan batik bisa dipakai semua kalangan ini dengan mengambil tema Batik made in Indonesia. Cara ini merupakan salah satu program promosi dan hubungan luar dari Yayasan Batik Indonesia agar lebih dikenal di dunia International.

“Kami berupaya membantu perajin batik terlebih di era pandemi ini dan bukan hanya sekedar melestarikan batik saja, tapi juga bagaimana batik agar dapat sustain secara bisnis,” katanya kepada wartawan, Senin (25/10).

“Hal ini penting agar para perajin batik akan lebih berkembang dan semangat lagi untuk membuat batik. Selain itu juga bisa memperkenalkan batik di industri fashion international, batik bisa mendunia,” tambahnya.

Ia mendorong semua orang memakai batik tak hanya setiap acara formal tetapi dalam kegiatan sehari-hari. Dan tak asal batik, tentu harus ada prosesnya. Menurutnya dengan mengenakan batik minimal kita diingatkan agar menghargai para kreasi UMKM. Apalagi batik juga menjadi warisan budaya yang sudah diakui oleh UNESCO.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link