Bisnis Pariwisata Berubah Total, Pakar Tunggu Inovasi Sandi Uno

JawaPos.com – Berbagai kalangan menyambut baik penunjukan Sandiaga Salahudin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Tak terkecuali dari kalangan pakar dan akademisi.

Salah satunya adalah Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM) sekaligus pakar pariwisata Muhammad Baiquni. Ia berharap modal pengalaman dan jaringan Sandiaga Uno bisa melahirkan terobosan dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Sandiaga Uno punya pengalaman dan jaringan yang luas, dia orang yang tepat untuk membangun industri berbasis kreatif dan UMKM sebagaimana dulu yang dia janjikan masa kampanye. Dulu memang rival dengan Jokowi, sekarang telah menyatu dan dia tetap harus menjunjung tinggi janjinya,” ungkap Baiquni.

Baca Juga: Muncul 13 Kasus Covid-19 di Hotel Mewah Singapura, Nular Lewat Handuk

Baca Juga: Jokowi Sedang Menyiapkan Pemimpin Masa Depan dari Kalangan Teknokrat

Lebih lanjut, Baiquni berpesan agar Sandiaga bisa menciptakan inovasi pariwisata di tengah pandemi Covid-19. Bukan sekadar melanjutkan pekerjaan yang sudah dirintis oleh pendahulunya. Sebab, segala perubahan yang terjadi selama pandemi harus dibarengi dengan adaptasi.

“Untuk pergerakan ke depannya tergantung strategi dan kebijakan kementerian yang baru ini. Kalau business as usual, tidak akan tumbuh. Karena infrastruktur dan ekologi bisnis pariwisata berubah total,” kata Baiquni.


Credit: Source link