BKPM Kaji Dampak Penutupan SVB

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam Fortune Indonesia Summit 2023 di Jakarta, Rabu (15/3/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Dampak penutupan Silicon Valley Bank (SVB) oleh Regulator Perbankan Califormia kepada arus investasi ke Indonesia, dilakukan pengkajian oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

“Sedikit banyak ada dampaknya, tapi seberapa dalam, itu masih kita lihat,” kata Bahlil dalam Fortune Indonesia Summit 2023 di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (15/3).

Ia memandang dalam perkembangannya, beberapa perbankan dengan pola bisnis serupa SVB berpotensi mengalami hal yang sama, sehingga ia akan terus melakukan kajian terkait dampak penutupan SVB. “Sekarang kami sedang memetakan dampaknya terutama kepada start up di Indonesia,” ucapnya.

Meskipun demikian, ia optimistis investasi yang masuk ke Indonesia akan tetap tumbuh di 2023 karena investor masih menganggap stabilitas perekonomian Indonesia terjaga dengan regulasi dan insentif yang mendukung investor.

Ia mencontohkan, pemerintah menerbitkan Undang-Undang Cipta Kerja yang mempermudah izin berusaha dan investasi guna menarik lebih banyak investor. “Dengan Undang-Undang Cipta Kerja, perizinan dilakukan melalui Online Single Submission, yang juga membuat ongkos pelaku usaha melakukan investasi lebih murah,” katanya.

Selain itu, harga bahan baku dan ongkos logistik di Indonesia juga lebih murah dari negara-negara lain menjadi salah satu alasan yang membuat investor tetap tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. “Kita juga memberikan jaminan yang bersifat jangka panjang kepada investor sehingga mereka tidak enggan masuk ke Indonesia, misalnya melalui tax holiday yang bisa sampai 20 tahun lain. Ini lebih baik dibanding negara lain,” ucapnya. (Kmb/Balipost)

 

Credit: Source link