Bos Shopee Indonesia Bantah akan Ada PHK Besar-besaran

JawaPos.com – Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia membantah kabar bahwa Shopee di Tanah Air akan melakukan layoff besar-besaran. Hal ini menyusul isu yang beredar yaitu perusahaan induk Shopee akan melakukan rasionalisasi bisnis yang mana hal ini akan berdampak pada pekerja mereka di kawasan Asia termasuk Indonesia.

“Langkah penyesuaian yang diambil pada segmen dan pasar tertentu, dipastikan tidak melibatkan Shopee Indonesia,” ujar Handhika melalui keterangan resminya, dikutip Rabu (15/6).

Dia melanjutkan, Shopee di dalam negeri justru terus menunjukkan performa yang baik. Menurutnya lagi, Indonesia tetap menjadi pasar prioritas Shopee untuk mengembangkan bisnis dan membantu lebih banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pengguna di Indonesia dijanjikan akan terus merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital.

Handhika menerangkan, di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood dan lebih dari 50 persen bergabung sejak dimulainya pandemi Covid-19. Ia juga menyebut bahwa Shopee masih terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim kami.

“Shopee Indonesia juga masih aktif merekrut talenta-talenta digital, melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2022 lalu, yang akan membangun tim yang terdiri dari 1.000 talenta digital Indonesia terutama engineer dan product manager, yang akan siap untuk berkontribusi melalui teknologi,” terangnya.

Dalam enam bulan terakhir, dia juga memastikan bahwa Shopee juga tengah menghadirkan berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia. Salah satunya, Kampus UMKM Shopee yang hadir di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang telah melatih puluhan ribu UMKM lokal keterampilan bisnis digital.

Sebelumnya, Shopee membenarkan kabar PHK massal ShopeeFood dan ShopeePay di sejumlah negara. The Straits Times Singapura mengungkapkan memo dari CEO Shopee Chris Feng yang mengatakan, Shopee melakukan sejumlah langkah penyesuaian.

Yang terkena dampak PHK adalah sebagian pegawai ShopeeFood dan ShopeePay di Meksiko, Argentina, Chile, dan tim lintas batas untuk Spanyol. Shopee juga menutup operasional di Spanyol, Prancis, dan India.


Credit: Source link