bpsdmp

BPSDMP Gelar Wisuda dan Bon Voyage Lulusan Master Kepelautan BP3IP

by

in
BPSDMP Gelar Wisuda dan Bon Voyage Lulusan Master Kepelautan BP3IP

Para lulusan Master Kepelautan BP3IP Jakarta berpose usai upacara Bon Voyage di Jakarta, Rabu (29/1).

Jakarta, Jurnas.com – Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta selenggarakan upacara Bon Voyage ke-47 yang diikuti sebanyak 69 pelaut Lulusan Diklat Pelaut Tingkat I Nautika dan Diklat Pelaut Tingkat I Teknika. Bon Voyage pertama BP3IP Jakarta di tahun 2020 ini dipimpin oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut I Nyoman Sukayadnya, mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) pada Rabu (29/1), di Ballroom Discovery Hotel, Jakarta.

Bon Voyage kali ini mengambil tema “Through the 47th Bon Voyage, We Support Sustainable Transport Sector Supporting World Trade and The Associated SDG’s (Sustainable Development Goals)”. Tema ini sesuai program yang diusung oleh International Maritime Organization (IMO) yaitu berpartisipasi aktif dalam menyukseskan the United Nations 2030 agenda for sustainable Development and the associated SDGs (17th Sustainable Development Goals), dimana hal tersebut juga sejalan dengan program pemerintah yaitu mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan khususnya sektor transportasi.

“Indonesia sebagai anggota IMO Council harus menunjukan peran aktifnya dalam mendukung program IMO dalam sektor transportasi laut,” jelas Nyoman.

Untuk menunjang hal tersebut, Nyoman mengungkapkan, bahwa diperlukan SDM yang unggul dan kompeten dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang terkoneksi, andal, selamat, aman, dan nyaman khususnya di bidang SDM Transportasi Laut, sesuai dengan amanah Pemerintah Joko Widodo-Maruf Amin yang mencanangkan tahun 2019 sebagai tahun dimulainya peningkatan kualitas SDM.

“Untuk mewujudkan amanah tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menekankan diperlukannya konsistensi dan fokus dalam penyiapan SDM transportasi, termasuk SDM maritim khususnya pelaut yang merupakan aset dan modal bangsa”, ucap Nyoman.

Baca juga.. :

Nyoman menambahkan, bahwa BP3IP Jakarta diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam mencetak lulusan pelaut yang unggul dan kompetitif serta mampu menghadapi tantangan dan tuntutan industri pelayaran, dengan didukung oleh infrastruktur dan sarana pembelajaran yang modern, sistem pembelajarann yang berbasis e-learning, metode pembelajaran yang semakin interaktif, serta pengajar yang kompeten di bidangnya.

“Oleh karena itu untuk membangun dan mengembangkan SDM yang unggul, lembaga diklat di bawah BPSDMP harus terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menyesuaikan kurikulum dengan kemajuan zaman khususnya pada era digitalisasi dan Industri 4.0. Seperti pada BP3IP Jakarta yang sudah menyelenggarakan distance e-learning, dan melakukan kolaborasi dengan stakeholder, serta mengembangkan diklat non mandatory yang diperlukan pasar” ucap Nyoman.

Mengakhiri sambutannya, Nyoman berpesan kepada para peserta Bon Voyage bahwa meskipun telah mencapai tingkat tertinggi dari jenjang pelaut, mereka jangan cepat berpuas diri namun harus tetap mengembangkan diri dan dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi di bidang maritim, dalam menghadapi tantangan dimana tuntutan tugas dan tanggung jawab sebagai pelaut semakin berat menghadapi persaingan global dan Perkembangan Industri 4.0 saat ini.

“Walaupun sudah mencapai tingkat tertinggi, namun kalian hendaknya jangan pernah berhenti untuk mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi pelaut yang handal dan millenial di era industri 4.0. Dimana kemajuan Teknologi tidak terkecuali di dunia Maritim yang juga ikut berkembang pesat” pesan Nyoman.

Bon Voyage ke-47 BP3IP Jakarta ini diikuti sebanyak 69 lulusan program diklat pelaut tingkat I, yang terdiri dari Diklat Pelaut Tingkat – I Nautika sebanyak 48 orang dan Diklat Pelaut Tingkat – I Teknika sebanyak 21 orang. Para lulusan akan dibekali Certificate of Competency (COC), Certificate of Endorsment (COE) yang sangat diperlukan ketika nantinya akan kembali bekerja di atas kapal. Selain itu para lulusan juga diberikan Sertifikat Ahli Nautika Tingkat I dan predikat Kepelautan Master Mariner bagi lulusan diklat Nautika, serta memperoleh Sertifikat Ahli Teknika Tingkat I dan diberikan Predikat Kepelautan Master Marine Engineer bagi lulusan diklat Teknika.


TAGS : BPSDMP Bon Voyage BP3IP

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/66591/BPSDMP-Gelar-Wisuda-dan-Bon-Voyage-Lulusan-Master-Kepelautan-BP3IP/