BPSDMP: Pelaut Indonesia Harus Peduli Kelestarian Lingkungan Maritim

by

in
BPSDMP: Pelaut Indonesia Harus Peduli Kelestarian Lingkungan Maritim

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Sugihardjo saat mewisuda taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (Poltekpel), Banten, Rabu (12/8/2020). Foto: jurnas.com

Banten, Jurnas.com – Para pelaut Indonesia, terutama para lulusan sekolah vokasi Kementerian Perhubungan tidak hanya harus memiliki kompetensi yang berdaya saing tinggi, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan maritim.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Sugihardjo saat mewisuda 374 lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat III, Diklat Pelaut Tingkat IV dan Perwira Siswa Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten, Rabu (12/8/2020).

“Saat ini, pemerintah dari negara-negara anggota IMO dan seluruh pihak yang bergerak di industri maritim secara bersama-sama fokus dalam melestarikan lingkungan maritim,” kata Sugihardjo.

Ia mengungkapkan, bahwa industri pelayaran dunia melalui regulasi International maritime Organization (IMO) mulai melakukan transisi menuju masa depan dunia yang berkelanjutan.

Sesuai dengan tema IMO 2020 “Sustainable Shipping for A Sustainable Planet” yang mengajak seluruh pihak untuk lebih memperhatikan pencegahan pencemaran udara dari kapal serta perlindungan terhadap satwa laut.

Baca juga.. :

Sesuai dengan STCW Amandemen Manila Tahun 2010, lembaga pendidikan haruslah memiliki mutu yang baik dan mampu mencetak lulusan yang kompeten sehingga dapat menjadi pelaut yang andal, berdaya saing, dan peduli terhadap lingkungan khususnya lingkungan maritim.

“Wisuda kali ini yang mengusung tema “Merchant Marine Education and Training is Capable to Create The Better Future for People and Environment” mempunyai keterkaitan dengan Tema IMO Tahun 2020 dalam upaya memberikan kontribusi dari dunia pelayaran untuk lingkungan yang lebih baik,” ucap Sugihardjo.

Sebagai negara kepulauan, Sugihardjo menilai Indonesia memiliki posisi yang sangat strategis di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta wilayah perariran Indonesia merupakan jalur utama pelayaran yang banyak dilewati oleh berbagai jenis kapal dari seluruh dunia. Tak hanya itu, dengan kondisi ini area tugas para perwira pelayaran pun sangat luas dan dapat bekerja dimanapun.

“Dengan potensi sumber daya alam perairan yang dimiliki Indonesia, otomatis dibutuhkan sumber daya manusia di bidang maritim yang andal dan berdaya saing. Untuk itu, pemerintah fokus dalam meningkatkan kualitas SDM kepelautan dan membangun kekuatan ekonomi masyarakat sehingga dapat terwujud kemandirian maritim,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, direktur Politeknik Pelayaran Banten, Capt. Joni Turiska, menyampaikan 374 wisudawan yang dilantik terdiri dari 114 wisudawan lulusan Diklat Pelaut Tingkat III Program Studi Nautika, 84 wisudawan lulusan Diklat Pelaut Tingkat III Program Studi Teknika, 80 wisudawan lulusan Diklat Pelaut Tingkat IV Program Studi Nautika, 73 wisudawan lulusan Diklat Pelaut Tingkat IV Program Studi Teknika, 11 wisudawan lulusan Diklat Peningkatan Program Studi, dan 12 wisudawan lulusan Diklat Peningkatan Program Studi Teknika.

TAGS : Poltekpel Banten BPSDMP lingkungan maritim

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76946/BPSDMP-Pelaut-Indonesia-Harus-Peduli-Kelestarian-Lingkungan-Maritim/