Buntut Invasi, Pesawat Rusia Dilarang Terbangi Wilayah Udara Sejumlah Negara Eropa

Buntut Invasi, Pesawat Rusia Dilarang Terbangi Wilayah Udara Sejumlah Negara Eropa
Logo maskapai Rusia Aeroflot terlihat pada pesawat Airbus A320-200 di Colomiers dekat Toulouse, Prancis, September 2017. (BP/Antara)

FINLANDIA, BALIPOST.com – Sejumlah negara di Eropa pada Minggu (27/2) menutup wilayah udaranya bagi pesawat-pesawat Rusia. Ini merupakan buntut atas invasi negara itu di Ukraina.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Finlandia sedang bersiap menutup wilayah udaranya, kata Menteri Transportasi dan Komunikasi Timo Harakka. Kemungkinan aksi balasan Rusia akan sangat merugikan maskapai Finlandia, Finnair, yang strategi utamanya adalah terbang dari Eropa menuju Asia melalui Rusia.

Sejumlah negara Eropa seperti Lithuania dan Latvia juga mengatakan bahwa mereka melarang maskapai Rusia melintasi wilayah udaranya. Sementara Jerman juga bersiap melakukan hal serupa.

Republik Ceko juga akan menutup wilayah udara mereka bagi maskapai Rusia mulai Minggu. Langkah itu memperluas larangan operasi maskapai Rusia di bandara Ceko, seperti yang diumumkan pada Jumat.

Belanda juga akan mengikuti jejak negara lain di Eropa mulai Minggu malam, menurut Menteri Infrastruktur Mark Harbers.

“Tidak ada tempat di wilayah udara Belanda untuk rezim yang melakukan kekerasan brutal dan tidak perlu,” kata Harbers di akun Twitter.

“Oleh karena itu Belanda bersiap menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia malam ini.” (kmb/balipost)

Credit: Source link

Related Articles