BYD Dolphin, mobil listrik sporty yang melampaui ekspektasi

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan industri electric vehicle (EV) global Build Your Dreams (BYD) baru-baru ini telah memperkenalkan model kendaraan listrik BYD Dolphin ke pasar otomotif Indonesia.

Dalam upaya mendekatkan konsumen dengan produk ini, BYD menggelar kegiatan media test drive yang melibatkan sejumlah jurnalis.

Pada kegiatan yang digelar Senin (22/1), para jurnalis menjajal performa mobil listrik lima penumpang ini dalam perjalanan yang dimulai dari diler BYD Arista Tebet, Jakarta Selatan, lalu menuju Bogor, Jawa Barat, dan berakhir di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, dengan total jarak tempuh sekitar 150 km.

ANTARA berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut dengan mengendarai BYD Dolphin varian Premium, merupakan trim tertinggi yang memiliki jarak tempuh mencapai 490 km dalam satu kali pengisian daya.

Mobil segmen SUV kompak ini berdimensi 4290x1770x1570 mm dengan wheelbase 2700 mm dan ground clearance 130mm. Varian Premium menggunakan lingkar pelek berukuran 17 inci dan sentuhan warna two tone pada bodi.

Pada bagian eksterior menampilkan lampu depan crystal LED dan lampu belakang dengan LED yang memanjang, memberi kesan modern dan futuristik. Pada bagian luar pintu terdapat NFC Side Mirror untuk mempermudah pengguna saat membuka pintu dengan hanya menempelkan kartu di bodi kaca spion.

BYD menyelipkan sentuhan desain yang unik pada mobil ini. Dengan inspirasi dari lumba-lumba, beberapa elemen eksteriornya, seperti gril dan lampu depan, menggambarkan karakteristik yang mencirikan mamalia laut ini. Bahkan, handle pintu yang menyerupai sirip lumba-lumba memberikan sentuhan kreatif pada desainnya.

Melangkah ke dalam kabin, interior BYD Dolphin menciptakan kesan mewah dengan layar sentuh intelligent rotating berukuran 12,8 inci. Layar ini memiliki kemampuan untuk berputar menjadi tampilan landscape dan potrait, memberikan kesan atraktif yang modern.

Baca juga: BYD diproyeksikan akan lampaui Tesla lalu ragam perayaan tahun baru

Baca juga: BYD catat lonjakan penjualan kendaraan 62 persen di 2023

Pengemudi dapat dengan mudah mengakses dan mengelola berbagai fitur, mulai dari navigasi, radio, audio, hingga pengaturan kendaraan dan kamera 360. Fungsionalitas layar juga semakin ditingkatkan dengan dukungan Apple Carplay dan Android Auto.

 

Interior BYD Dolphin (ANTARA/Fathur Rochman)

 


Pengaturan kursi yang ergonomis membuat posisi mengemudi menjadi terasa sangat nyaman. Kursinya memiliki tampilan sporty dengan sentuhan material kulit sintetis, dan dapat diatur secara elektrik, memberikan fleksibilitas optimal bagi pengemudi.

Begitu pula dengan setir flat bottom yang dapat diatur secara tilt (naik turun) dan teleskopik (maju mundur), menyempurnakan posisi berkendara.

Dukungan panoramic sunroof yang melintang dari baris depan hingga belakang memberikan sentuhan mewah dan kesan lapang dan meningkatkan keterbukaan ruang kabin.

Keindahan interior semakin diperkaya dengan penyematan material empuk di sejumlah bagian interior serta layar speedometer full TFT, yang memberikan informasi lengkap seperti sisa baterai, kecepatan, tenaga yang dihasilkan, temperatur, dan jam.

Dalam hal performa, BYD Dolphin membuktikan diri sebagai mobil listrik yang memiliki akselerasi tangguh. Begitu pedal gas ditekan dalam, respons instan dari motor listriknya memberikan pengalaman mengemudi yang mengesankan.

Tidak terasa adanya keterlambatan atau penundaan tenaga. Mobil ini dengan cepat dan lincah meluncur, memberikan sensasi kecepatan yang memuaskan.​​​​​​​

BYD Dolphin varian Premium menggunakan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor berpenggerak roda depan, yang menyemburkan tenaga 150 kW dan torsi maksimal 310 Nm.​​​​​​​

BYD Dolphin diklaim dapat menempuh 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 7 detik.

Baca juga: Mengenal kecanggihan teknologi 3 produk teranyar mobil listrik BYD

Tenaga yang instan serta akselerasi yang mantap menambah rasa percaya diri pengemudi saat berkendara di lalu lintas perkotaan yang padat maupun bermanuver di jalan tol dengan kecepatan tinggi. BYD Dolphin memiliki tiga mode berkendara yaitu Normal, Eco, dan Sport.

Mobil listrik BYD Dolphin melintas di jalan Tol Jagorawi, Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/1/2024) (ANTARA/Fathur Rochman)

 


​​​​​​​BYD Dolphin juga menawarkan handling yang mumpuni. Pengemudi memiliki kontrol penuh atas arah kendaraan. Setir terasa responsif dan akurat, memberikan sensasi mengemudi yang sporty dan membuat setiap tikungan dan manuver menjadi lebih dinamis.

Sementara itu, sistem suspensi BYD Dolphin cenderung tidak terlalu empuk, lebih ke arah sporty yang membuat berkendara menjadi lebih terasa stabil.

Bicara fitur keselamatan, BYD Dolphin dilengkapi dengan enam kantong udara dan serangkaian fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS), termasuk intelligent driving, driving assistant, active safety, parking assistance.

Terdapat juga berbagai sistem sensor, antara lain Lane Change Collision Warning (LCW), Rear Cross Traffic Alert, Rear Cross Traffic Brake, Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Braking System (AEB), dan Blind Spot Detection. BYD Dolphin sudah mengantongi sertifikat NCAP bintang lima.​​​​​​​

BYD Dolphin juga memiliki standar yang tinggi di kelasnya. Menggunakan rangka e-platform 3.0, BYD Dolphin berdiri dari susunan baterai blade yang pipih, ringan, dan diklaim teruji keamanannya dari kerusakan dan kebakaran.

Secara keseluruhan, BYD Dolphin berhasil mencuri perhatian dengan kombinasi desain yang inovatif, kenyamanan interior, dan performa yang memukau. Sulit rasanya menemukan kekurangan pada mobil listrik ini.​​​​​​​

BYD telah membuka pra pemesanan bagi masyarakat yang berminat terhadap BYD Dolphin. Adapun terkait harga, kemungkinan akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Jadi, apakah Sobat ANTARA tertarik untuk meminang mobil tersebut?

Baca juga: BYD tunggu penerimaan pasar sebelum ungkap harga Dolphin di Indonesia

Baca juga: Daftar lengkap peserta IIMS 2024, ada BYD dan Vinfast

Baca juga: BYD perkenalkan tiga model mobil listrik di Indonesia

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024

Credit: Source link