Cara Cek Data KTP Secara Online

0

Cara Cek Data KTP – Kartu tanda penduduk atau yang lebih kita kenal dengan nama KTP adalah salah satu kartu penting bagi penduduk Indonesia yang berumur 17 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan KTP adalah identitas jati diri tunggal bagi WNI yang dianggap telah dewasa. Oleh karena itu, tak heran bila KTP memiliki banyak fungsi lain yang tak kalah penting dari sekedar kartu pengenal.

Sebagai sebuah identitas diri tunggal, tentunya data-data dalam KTP sangat penting bagi pemiliknya. Sehingga kamu pun bisa mengambil data pribadi dari KTP. Bahkan kamu bisa cek no KK menggunakan NIK ( Nomor Induk Kependudukan ) yang ada di KTP. Tak hanya nomor KK ( Kartu Keluarga ) saja, kamu juga bisa mendapatkan data lengkap dengan menggunakan NIK.

Baca Juga : Cara Cek Nomor Telepon

Hal ini dapat dibuktikan dengan pendaftaran kartu perdana yang hanya menggunakan NIK dan nomor KK. Sebab dengan mendaftarkan nomor NIK, maka secara otomatis pihak provider dari kartu perdana akan mendapatkan data-data pribadi milikmu.

Namun, sebenarnya ada nggak sih, cara untuk melakukan cek data-data KTP? Sehingga diperoleh data-data yang sekiranya kita perlukan tanpa ribet. Penasaran? Mari simak penjelasannya melalui beberapa uraian berikut ini.

cara cek data ktp

Cara Cek Data KTP

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengecek data KTP. Namun cara-cara tersebut, dikategorikan ke dalam dua kelompok. Kelompok-kelompok tersebut, meliputi cek data KTP secara offline dan cek data KTP secara online. Via online? Yups, kamu tidak salah baca. Kini, cek data KTP bisa dilakukan secara online. Mudah, tanpa, ribet serta pastinya dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Mungkin sebagian besar dari kamu hanya tahu cara cek data KTP secara offline, yaitu dengan melihat KTP secara keseluruhan dan melihat kartu keluarga. Selain itu, bila ada kesulitan lain kamu juga bisa langsung datang ke kantor Dukcapil ( Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil ). Namun tentunya cek data secara offline membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan kurang efisien.

Terlebih bila ternyata antrian di Dukcapil cukup panjang. Untuk itulah kini ada beberapa cara online yang dapat kamu gunakan untuk mengecek data-data yang ada dalam KTP. Apakah seluruh data yang tercantum sudah benar? Atau malah sebaliknya? Tak hanya data pribadi yang tercantum dalam KTP saja, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara mengecek nomor KTP secara online untuk mencari tahu nomor dari KTP milikmu. Ingat nomor KTP berbeda dengan NIK yang tercantum dalam KTP.

Cara Cek Data KTP Online

Seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya, kini ada beberapa cara untuk mengecek data KTP secara online. Melakukan pengecekan KTP secara online, memang terlihat sangat mudah dan menyenangkan. Terlebih kamu dapat melakukan pengecekan kapanpun dan dimanapun kamu berada. Asalkan ada kuota dan jaringan internet, pengecekan dapat dilakukan dengan mudah dan simpel.

Namun, tahukah kamu? Bahwa tak hanya mudah dalam pencarian, pencurian data via online pun bisa dengan mudah dilakukan. Untuk itu, berhati-hatilah dalam menyimpan dan menggunakan KTP milikmu. Sebab bisa saja ada penyalahgunaan wewenang dengan menggunakan KTP milikmu.

Baca Juga : Cara Lapor SPT Tahunan Online

Terlebih, kini ada beberapa cara mencari NIK KTP berdasarkan nama. Sehingga kewaspadaan terhadap identitas jati diri tunggal tersebut, harus benar-benar diperhatikan dengan seksama. Lalu, bagaimana sih? Cara untuk mengecek data-data KTP secara online, tanpa memperbesar kemungkinan dalam pencurian data? Berikut adalah cara-cara untuk cek data KTP secara online, namun tetap aman.

Cek Data KTP Online Secara Resmi, Hanya via Website Pemerintah

Bila kamu ingin data KTP milikmu aman, maka jangan sembarang menggunakan cara-cara cek data KTP secara online. Untuk itu, ketika kamu memutuskan akan mengecek data KTP online melalui website, jangan gunakan website yang asal-asalan. Pokoknya semua yang berhubungan dengan pemerintahan, selalu gunakanlah website resmi. Entah hanya untuk sekedar bertanya, ataupun mencari data-data pribadi.

Website resmi yang dimaksud, tentunya adalah website-website resmi milik pemerintah. Sehingga keamanan dari data-data milikmu dapat lebih terjaga dengan baik. Salah satu contoh bila ingin mengecek NIK, kamu bisa mengunjungi website resmi milik Dukcapil.

Cek Data KTP dengan Menggunakan Media Sosial

Tak hanya menggunakan website resmi milik pemerintah, melakukan cek data KTP pun bisa menggunakan akses dari media sosial. Namun sayangnya cara ini, sangat tidak efektif dan rawan pencurian data. Hal ini dikarenakan cek KTP via internet atau bisa dibilang online dengan media sosial sangat ribet.

Tentunya ini berkaitan dengan kepastian dari lawan bicara kamu. Apakah lawan bicara kamu, benar-benar dari Dukcapil setempat? Sebab bila nyatanya lawan bicara kamu bukan anggota Dukcapil maka ini akan berbahaya bagi data-data milikmu. Oleh karenanya, bukan hal yang aneh. Bila cek data KTP via media sosial kurang direkomendasikan.

Bahkan sama sekali tidak direkomendasikan. Sebab tingkat penyalahgunaan yang tinggi serta keamanannya yang sangat minim. Namun, bila kamu tetap ingin menggunakan pialasport media sosial sebagai salah satu cara cek data secara online maka jangan lupa untuk memastikan kontak yang kamu hubungi benar-benar akun resmi pemerintahan.

Kemudian yang paling penting adalah selalu hubungi akun dispendukcapil via DM ( Direct Message ) ataupun PM ( Private Message ). Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan privasi milikmu.

Cek Data KTP Melalui Email

Selain melalui website dan media sosial, kamu juga bisa menggunakan email untuk mengecek data KTP milikmu. Tentunya penggunaan email ini, jauh lebih safety apabila dibandingkan dengan menggunakan media sosial. Namun sayangnya dengan email, kamu tidak akan pernah tahu dengan pasti. Apakah pesan kamu sudah terkirim dan tersampaikan dengan baik? Selain itu, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menunggu balasannya.

Sebab biasanya balasan dari Dukcapil cukup, bahkan sangat lama. Apalagi bila email yang kamu kirimkan, tidak memiliki subjek yang jelas. Akibatnya, email darimu tidak akan dibalas, atau bahkan diabaikan begitu saja. Hal yang parah adalah email darimu yang akan terlewatkan.

Malah yang paling parah, yaitu ketika email tersebut, tidak masuk ke dalam kotak masuk melainkan di kotak spam. Jika ini terjadi, jangankan mendapatkan balasan, email dibaca pun belum tentu. Oh iya, jangan lupa. Bila kamu ingin menghubungi Dukcapil atau sekedar meminta data ke Dukcapil, maka hubungilah alamat email yang disertakan dalam situs resmi Dukcapil https://pialasport.com.

Biasanya informasi penting ini, bisa kamu temukan di bagian footer dari website ataupun situs-situs resmi dari Dukcapil. Selain itu, sebisa mungkin hubungilah Dukcapil setempat atau pusat. Jangan hubungi Dukcapil wilayah lain, dimana kamu tidak berdomisili di sana.

Cek Data KTP via Aplikasi

Cek data KTP secara online, selanjutnya adalah dengan menggunakan Aplikasi. Sebenarnya ada beberapa aplikasi untuk mengecek data KTP secara online. Namun, hanya beberapa aplikasi saja yang benar-benar memiliki kualitas yang baik.

Namun jangan khawatir, sebab kamu dapat menemukan aplikasi cek EKTP online yang aman dan sesuai melalui google play store ataupun app store yang ada pada smartphone milikmu. Walaupun tidak semua aplikasi cocok untuk kamu gunakan, namun beberapa aplikasi yang masuk di google play store ataupun app store dipastikan memiliki kualitas yang terbaik.

Hal ini dapat dijamin. Sebab developer ataupun pembuat aplikasi ( sebelum aplikasinya masuk di google play store ataupun app store ) akan menyetujui dan melewati pemindaian keamanan terlebih dahulu. Setelah semua beres, barulah aplikasi tersebut bisa di akses oleh pengguna smartphone. Baik Android maupun IOS.

Tentunya aplikasi-aplikasi yang memang sengaja dirancang untuk smartphone itu, akan sangat mempermudah kamu sebagai pengguna. Terutama bila ada hal baru yang membuat kamu harus mengakses beberapa informasi mengenai data-data KTP milikmu. Sedangkan kamu hanya sedang membawa smartphone kesayanganmu saja.

cara cek data ktp

Langkah-langkah Cek Data KTP via Website Dukcapil

Untuk kamu yang ingin mengecek data pribadi kamu di KTP secara online, apakah ada data yang salah atau tidak? Tapi malas untuk datang ke kantor Dukcapil, maka alangkah baiknya bila kamu mencarinya dengan menggunakan website dari Dukcapil. Namun, bagaimana cara mendapatkan data via website Dukcapil? Mari ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka Website Resmi Dukcapil

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika akan mengecek data KTP via website resmi Dukcapil, tentunya dengan membuka website resmi milik Dukcapil. Kamu dapat membuka website ini, di https://www.dukcapil.kemendagri.go.id. Jangan sampai salah alamat. Sebab kesalahan alamat bisa berakibat fatal bagi keselamatan data-data milikmu. Selalu ingat dengan baik, bahwa website milik pemerintah selalu diakhiri dengan go.id bukan co.id maupun nama domain lainnya.

2. Tampilan Awal Website

Setelah masuk ke website resmi Dukcapil, lihatlah tampilan awalnya. Apakah tampilan awal website ini, langsung menampilkan kolom untuk cek NIK? Ataukah halaman awal berupa beranda website yang berisi berita-berita terkini mengenai Dukcapil pada khususnya? Jangan khawatir karena halaman awal website resmi Dukcapil memang salah satu diantaranya.

Bila kamu mendapatkan halaman yang langsung menampilkan kolom untuk cek NIK, maka kamu hanya perlu mengisikan NIK dan memilih tombol cek. Kemudian data-data pribadi secara umum dapat langsung di lihat. Sedangkan bila kamu masuknya ke beranda website, maka kemungkinan ada beberapa langkah ekstra yang harus kamu lakukan.

Ketika kamu dibawa masuk ke beranda website resmi Dukcapil, maka langkah yang kamu perlu lakukan hanya mengklik tombol strip 3 atau tombol dengan bayangan orang. Setelah itu, carilah opsi atau pilihan cek NIK. Kemudian masukkan NIK milikmu ke dalam kolom pengecekan NIK dan klik tombol cek.

3. Sajian Data

Bila kamu sudah melakukan login atau pengecekan NIK, maka kamu akan mendapatkan tampilan data yang cukup formal. Data-data yang ditampilkan ini, adalah data-data yang sesuai dengan apa yang tercantum dalam NIK atau KTP milikmu. Namun biasanya data yang ditampilkan adalah data-data umum. Sedangkan untuk data-data yang bersifat pribadi, kamu hanya bisa mengaksesnya, bila kamu sudah memiliki akun di Dukcapil secara resmi.

Nah, itulah beberapa cara cek data di KTP secara online. Lalu, bagaimana menurut pendapat kamu? Apakah cara cek kartu tanda penduduk online sangat mudah, efektif dan efisien? Ataukah kamu ragu untuk mengecek data KTP secara online karena takut akan kecurian data? Mana yang lebih mudah dan safety untuk kamu?

Leave A Reply

Your email address will not be published.