Cara Cek Nomor Telepon Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata

0

Cara Cek Nomor Telepon Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata – Memiliki handphone sudah menjadi salah satu kebutuhan yang mendasar bagi setiap orang. Tujuannya adalah untuk bisa saling bertukar pesan dan menjalin relasi dengan semua orang. Selain itu kita juga dapat mencari berbagai informasi terbaru mengenai hiburan, ekonomi, politik, dan lain sebagainya.

Semua itu akan didapat dengan mudah jika tersambung dengan koneksi internet maupun koneksi yang berasal dari provider kartu yang digunakan. Dewasa ini provider kartu telekomunikasi dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, dan mengakses internet. Penawaran yang diberikan pun bermacam-macam, dengan variasi nomor telepon yang cantik dan mudah diingat.

Akan menjadi masalah jika sampai kita tidak bisa mengingat nomor telepon atau nomor handphone kita. Akan tetapi, tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena setiap provider telah menyediakan layanan cara mengecek no hp kita.

Cara Cek Nomor Telepon Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata

Berikut beberapa cara cek no hp disesuaikan dengan provider yang kita gunakan seperti Indosat (IM3, Mentari), Telkomsel (AS, Simpati), Axis, 3, XL.

1. Indosat

cara cek nomor telepon

Salah satu operator seluler di Indonesia ini menyediakan produk yang disesuaikan oleh kalangan pengguna. Produk yang ditawarkan oleh Indosat berupa Indosat Ooredo (IM3 dan Mentari) serta Matrix Ooredo.

Perbedaannya adalah produk Indosat Ooredo, ditargetkan untuk kalangan anak muda dan generasi millennial dengan paket data dan tariff yang sangat murah. Sedangkan produk Matrix Ooredo, ditargetkan untuk kalangan pebisnis, orang tua, dan pekerja profesional.

Bagi yang ingin mencoba cara mengetahui nomor hp dari provider ini, dapat dilakukan beberapa cara seperti berikut.

a. Dial up

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui nomor handphone kita adalah dengan melakukan dial up di layar handphone kita.

1. Tekan *888*1*1#, lalu tekan tombol CALL/OK/YES, dan tunggu sampai adanya pemberitahuan atau konfirmasi lebih lanjut yang akan diberikan.

2. Selain itu, dapat menghubungi nomor dial up lainnya yaitu dengan mengetik *123*30#, lalu tekan tombol CALL/OKE/YES, kemudian tunggu informasi atau konfirmasi pemberitahuan yang akan dikirimkan.

b. Via Modem PC

Melakukan dial up bukanlah satu-satunya cara untuk mengetahui nomor handphone kita. Cara lain adalah dengan mengecek melalui modem PC tanpa memindahkan kartu SIM dari modem ke dalam ponsel, seperti berikut.

1. Terlebih dahulu, kita pastikan bahwa modem yang digunakan sudah mendukung sistem USSD, suatu protokol yang dimiliki oleh perangkat GSM untuk melakukan komunikasi dengan komputer perangkat.

2. Lalu, hubungkan modem pada komputer dan mengaktifkan koneksi.

3. Pilih dan buka aplikasi koneksi manajer dan pilih menu USSD, kemudian ketik *123830# lalu tekan “Kirim” atau “Send”.

4. Kemudian tunggu beberapa saat untuk menerima aneka informasi yang diberikan mengenai kartu Indosat Ooredo yang digunakan.

c. Via Aplikasi MyIM3

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor telepon kita adalah dengan menggunakan aplikasi MyIM3. Aplikasi yang disediakan oleh provider ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat memudahkan pengguna dalam mengecek segala keperluan menyangkut dengan penggunaan kartu. Berikut adalah langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi MyIM3

1. Download aplikasi melalui App Store maupun Google Store. Jika sudah selesai mendownload, lakukan pendaftaran sesuai dengan petunjuk mulai dari pengisian nomor, membuat kata sandi, dan memasukkan kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui SMS.

2. Jika sudah berhasil mendaftar, maka pengguna harus melakukan login terlebih dahulu.

3. Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul informasi dasar seputar kartu SIM yang digunakan.

d. Bantuan Operator

Yang terakhir adalah dengan menghubungi operator yang bersangkutan untuk mengecek nomor handphone. Hal ini dilakukan jika pengguna tidak mengingat kode dial untuk mengecek nomor Indosatnya. Berikut beberapa nomor bantuan Customer Service yang dapat dihubungi sesuai dengan jenis kartunya.

1. Bagi pengguna Matrix Ooredo, dapat menghubungi nomor 111 dengan layanan bebas biaya.

2. Bagi pengguna Indosat Ooredo, dapat menghubungi Call Center di nomor 100 atau 185 dengan biaya Rp 400.

3. Pengguna telepon rumah/PSTN dapat menghubungi nomor +6221 5438 8888 atau +6221 3000 3000

4. Bagi yang menggunakan mesin penjawab dapat menghubungi nomor 222 dengan bebas biaya.

5. Layanan faximile di nomor +6221 5449501-06

Pusat pelayanan pelanggan ini beroperasi selama 24 jam setiap hari sehingga pengguna tidak perlu khawatir ketika membutuhkan cara mengetahui nomor hp.

2. Telkomsel

cara cek nomor telepon

Telkomsel menyediakan berbagai pelayanan dan kelebihan yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Salah satu kelebihannya adalah jaringan Telkomsel sudah tersebar di seluruh Indonesia, dan merupakan operator pertama di Indonesia yang mengeluarkan jaringan 4G LTE. Operator ini juga menyediakan kartu perdana seperti kartu perdana simPATI, Loop, dan As, serta kartu Halo yang dikhususkan untuk pascabayar.

Selain penawaran diatas, Telkomsel juga akan memberikan bantuan bagi pelanggan yang tidak mengingat nomor handphone nya atau nomor tersebut tidak dapat digunakan atau hilang. Berikut beberapa langkah dan cara untuk cek nomor handphone telkomsel.

a. Melakukan Dial up

1. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan dial up. Tekan nomor *808# pada layar handphone lalu tekan CALL/YES/OK. Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul informasi atau konfirmasi mengenai nomor handphone.

2. Selain itu, pihak Telkomsel juga akan mengirimkan SMS yang berisi mengenai informasi nomor ponsel yang telah di cek. Pelayanan ini akan membebankan biaya kepada pengguna sebesar Rp 55.

b. Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi ini menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh penggunanya. Dimulai dari memeriksa nomor telepon, jumlah pulsa dan paket data, poin Telkomsel yang tersisa, hingga melakukan pembelian pulsa serta paket data. Selain itu berbagai penawaran promo juga kerap dibagikan melalui aplikasi ini, sehingga dapat memanjakan para pengguna dalam menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi MyTelkomsel dapat diunduh melalui Google Store maupun Appstore, serta dapat diakses melalui situs Telkomsel. Untuk bisa menikmati aplikasi ini, pengguna harus melakukan pendaftaran akun dengan mengisi nomor telepon Telkomsel mereka. Semua jenis kartu Telkomsel dapat mengakses dan menikmati pelayanan yang ditawarkan Telkomsel melalui aplikasi ini. Dan bagi yang masih ingin melakukan pengecekan nomor telepon, dapat dilakukan sesuai dengan langkah-langkah berikut.

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi MyTelkomsel melalui Google Store atau App Store.

2. Setelah selesai, langsung melakukan pendaftaran nomor Telkomsel yang digunakan kemudian dapat melangsungkan login.

3. Pilih menu “Home” atau “Beranda” untuk mengetahui informasi yang diperlukan, seperti nomor Telkomsel yang digunakan, jumlah poin, jumlah pulsa, nama pengguna, sampai dengan jumlah kuota internet yang masih tersisa.

4. Selain fitur diatas, Telkomsel juga menawarkan fitur lain yang menarik yaitu dengan cara mengklik ikon garis tiga yang berada pada pojok kiri atas, kemudian pilihlah fitur yang diinginkan.

c. Dengan Bantuan Operator

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi bagian operator untuk mengetahui informasi penggunaan kartu Telkomsel dan tentu saja untuk melakukan cek nomor handphone Telkomsel. Cara ini dapat dilakukan apabila pengguna tidak memiliki cukup kuota internet untuk mengecek via aplikasi, dan berikut langkah-langkahnya.

1. Bagi pengguna kartu simPATI, Loop, dan kartu As dapat menghubungi nomor 188 yang merupakan nomor Call Center, dengan beban biaya sebesar Rp 300 hingga sampai Rp 400.

2. Dan bagi pengguna kartu Halo, dapat menghubungi nomor Call Center 133 dan tidak dikenakan biaya apapun.

3. Bagi yang terkena roaming dan yang sedang ada di luar negeri, tidak perlu khawatir karena dapat menggunakan layanan ini dengan menghubungi nomor +6281 1000 0333.

4. Pelayanan lain yang dapat memudahkan pengguna adalah apabila pengguna lupa untuk membawa kartu SIM Telkomselnya, dapat menghubungi operator menggunakan nomor provider yang lain, di nomor 08071811811.

Kemudahan yang diberikan oleh Telkomsel sangat banyak dan tentu saja pelayanan ini akan membuat semua penggunanya dapat selalu terfasilitasi, terutama untuk melakukan cara mengetahui nomor hp kartu Telkomsel yang digunakan.

3. XL Axiata

cara cek nomor telepon

Provider lain yang juga merupakan salah satu provider unggulan di Indonesia adalah XL Axiata. Provider ini telah memberikan pelayanan yang dapat memanjakan penggunanya dengan harga yang sangat murah serta jaringan yang tersebar di banyak wilayah di Indonesia.

Sama seperti provider lain yang telah dibahas sebelumnya, XL Axiata juga melayani para pengguna yang ingin mengetahui cara cek nomor handphone xl. Berikut beberapa cara dan langkah yang bisa dilakukan ketika ingin mengetahui informasi mengenai penggunaan kartu XL ini.

a. Melakukan Dial up

Sama seperti operator lain, XL Axiata juga menyediakan layanan dial up untuk melakukan pengecekan informasi terkait penggunaan kartu beserta dengan pengecekan nomor telepon.

1. Cara pertama adalah dengan menekan *123#, lalu tekan CALL.

2. Kemudian akan muncul pop up, dan selanjutnya tekan pilihan Info pada angka 7.

3. Selanjutnya pilih angka 2 yang merupakan pilihan Detail Nomor XL. Jika sudah, pilihlah angka 1 untuk melakukan Cek Profile, kemudian pilih angka 1 untuk Info Nomor.

4. Tunggulah beberapa saat hingga informasi yang diperlukan muncul

b. Melakukan Panggilan ke Operator

Nomor operator yang dapat dihubungi adalah pada nomor 818 dan 817. Kedua nomor ini dapat dihubungi, namun terdapat perbedaan yang perlu diketahui. Untuk melakukan panggilan pada nomor 818, tidak akan dikenakan biaya sepeserpun, namun panggilan kita akan dijawab oleh IVR (Interactive Voice Response) atau mesin penjawab otomatis.

Sedangkan bagi yang melakukan panggilan pada nomor 817 akan dikenakan biaya atau tarif sebesar Rp 350, dan akan dihubungkan pada Customer Service Representative atau petugas operator.

c. Melalui Aplikasi MyXL

Bagi pengguna yang memiliki jumlah kuota yang mencukupi dapat mendownload aplikasi MyXL dan menggunakan aplikasi ini untuk mengakses segala informasi yang diperlukan. Dibawah ini adalah beberapa langkah dalam menggunakan aplikasi MyXL.

1. Unduh terlebih dahulu aplikasi MyXL ini melalui Play Store atau melalui App Store.

2. Setelah itu, buka aplikasi dan buatlah akun dengan cara mendaftarkan nomor telepon atau menggunakan akun facebook

3. Setelah selesai, pengguna akan diarahkan untuk masuk ke halaman utama yang dengan langsung menampilkan nomor telepon pengguna.

d. Melakukan Miscall ke Nomor Lain

Menggunakan cara ini mewajibkan pengguna untuk memiliki jumlah pulsa yang cukup dalam melakukan panggilan. Dengan cara ini, maka pengguna akan dapat mengetahui nomor teleponnya melalui layar handphone teman yang dipanggil. Tidak hanya dengan panggilan saja, nomor pengguna juga dapat diketahui apabila pengguna yang bersangkutan mengirimkan sms kepada teman.

e. Website XL Axiata

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengetahui nomor telepon adalah dengan mengakses situ website resmi XL Axiata. Berikut langkah-langkah dalam mengakses websitenya.

1. Kunjungi situs my.xl.co.id melalui browser.

2. Setelah berhasil masuk, pengguna akan diarahkan pada halaman utama yang akan memunculkan nomor telepon XL yang digunakan.

Demikian beberapa langkah dan cara mengecek no hp dari beberapa provider yang telah disebutkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.