Cara Memilih Situs Pinjaman Online Terpercaya

Cara Memilih Situs Pinjaman Online Terpercaya

Selama ini, banyak orang yang merasa kesulitan dalam meminjam sejumlah dana ke Bank,  karena prosesnya memang tidak mudah. Oleh sebab itu, mereka pun beralih ke tempat penyedia pinjaman lainnya seperti misalnya pada pinjaman online. Sayangnya, tak semua tempat pinjam uang juga legal sehingga banyak juga pinjaman online yang terbukti tidak amanah. Sebaiknya memilih jenis pinjaman online terpercaya, jika ingin mengajukan pinjaman secara online.

Hadirnya pinjaman online di tengah masyarakat ini menjadi sebuah fenomena yang penting sejak tahun 2016. Diawali dengan perusahaan financial technology atau kata lainnya adalah fintech online, yang menawarkan pinjaman secara online pada masyarakat luas. Mereka juga menawarkan pinjaman pada masyarakat yang selama ini mengalami kesulitan, saat meminjam uang di Bank.

 

Tips dan Cara Memilih Pinjaman Online Terpercaya dan Aman

Mari kita bahas dengan lebih lengkap bagaimana memilih pinjaman online yang tepat, aman dan terpercaya. Supaya Anda tidak dirugikan oleh fintech online di kemudian hari. Berikut tips dan triknya :

1. Pilih Perusahaan Fintech yang Telah Terdaftar di OJK

Cara Memilih Situs Pinjaman Online Terpercaya
Andalan News – Photo Ilustrasi

Tentu Anda harus memilih perusahaan pinjol yang resmi ketika memilih pinjaman online yang tepat dan aman. Untuk itu, Anda harus memilih pinjaman online yang memang sudah terdaftar di OJK. Dengan demikian maka Anda pun akan terlindungi dari pinjaman online yang ilegal yang bisa merugikan Anda. Perusahaan pinjol yang resmi dan terdaftar di OJK biasanya wajib mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh OJK. Tujuannya adalah untuk melindungi konsumen.

2. Memiliki Layanan Konsumen yang Responsif dan Jelas

Pilih juga perusahaan pinjaman online yang memiliki layanan konsumen, yang mudah dihubungi. Misalnya memiliki nomor telepon atau WA yang aktif dan alamat email yang juga aktif. Supaya nanti jika ada masalah Anda bisa mengadukan hal itu langsung ke layanan konsumen tersebut. Layanan konsumen yang mudah dihubungi akan menjadi penanda bahwa pinjaman online itu memang legal.

3. Memiliki Website dan Aplikasi yang Secured

Andalan News – Photo Ilustrasi

Pastikan juga pinjaman online yang akan Anda pilih nantinya memiliki alamat website dan aplikasi yang terproteksi dengan secured. Pinjol tersebut biasanya juga diwajibkan oleh OJK dengan sejumlah keamanan yang melindungi seluruh data konsumen dengan resmi.

Anda bisa melihat tingkat keamanan dari situs website pinjol tersebut dari logo gembok yang biasanya muncul di bagian kiri atas. Hal itu menjadi penanda bahwa situs tersebut memang milik pinjaman online terpercaya.

4. Meminjam Sesuai Kemampuan

Pastikan bahwa Anda memang mampu membayar cicilan dari pinjaman online tersebut. Maka sebaiknya pinjamlah dana yang sesuai dengan kemampuan Anda, supaya Anda tidak telat membayar atau bahkan menjadi kredit macet.

5. Pahami Bagaimana Kontrak Perjanjian di Awal

 

Cara Memilih Situs Pinjaman Online Terpercaya
Andalan News – Photo Ilustrasi

Baca kembali dengan lebih teliti bagaimana kontrak perjanjian yang ditawarkan di awal. Anda juga harus mengajukan pertanyaan dengan jelas, jika memang ada aturan yang belum dipahami. Semua hak dan kewajiban debitur dan kreditur ada di dalam kontrak perjanjian tersebut.

Ada banyak pinjaman online resmi yang kini jumlahnya semakin bertambah. Namun, Anda bisa memilih aplikasi pinjaman Tunaiku sebagai tempat pinjaman online yang aman dan amanah. Tunaiku juga sudah terdaftar di OJK karena perusahaannya berada di bawah pengawasan Bank Amar secara langsung.

Jumlah plafon pinjaman yang ditawarkan Tunaiku juga mencapai 20 juta rupiah. Jenis bunga yang diberikan kepada para kreditur juga termasuk bunga flat sehingga sangat membantu para kreditur untuk membayar cicilan pinjaman. Dengan berbagai kemudahan dan layanan tersebut, yuk pakai Tunaiku sekarang!

 

Related Articles