Inilah 5 Cara Termudah untuk Cek Nomor XL Sendiri

Inilah 5 Cara Termudah untuk Cek Nomor XL Sendiri

Era serba digital membuat semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Seperti isi ulang kebutuhan ponsel, baik itu pulsa atau kuota. Namun, bagaimana jika Anda tidak tahu nomor XL sendiri?

Cara Cek Nomor XL Lengkap

XL Axiata memberikan sejumlah cara cek nomor XL sendiri. Jadi, Anda tidak perlu lagi menyimpan bungkus kartu perdana hanya untuk memeriksa nomornya. Anda bisa memeriksanya dengan mudah ketika lupa atau tidak tahu nomor saat ingin isi ulang pulsa atau kuota.

1.    Dial UP *123#

Menu dial up *123# adalah cara paling mudah untuk mengetahui nomor ponsel. Cara ini bisa diaplikasikan di ponsel mana pun, baik di ponsel jadul atau smartphone. Tidak ada batasan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Ketik *123# di menu panggilan.
  • Sistem akan memberikan balasan berupa sisa pulsa, tanggal masa aktif nomor, dan menu penawaran lain dari XL yang bisa dicek satu per satu. Pilihlah nomor 7 yaitu INFO.
  • Pilih opsi 1, yaitu ‘Info Kartu XL-Ku.’
  • Lanjutkan ke opsi dua, ‘Detail Nomor XL Anda’ lalu ketik 97 untuk melanjutkan ke menu layanan XL berupa cek profil kartu dan layanan.
  • Pilih 1 untuk Cek Profil dan ketik 1 lagi untuk mendapatkan detail nomor ponsel Anda.
  • Ini dia informasi rinci nomor XL Anda.

Dari cara di atas, ada beberapa langkah yang bisa disingkat, yaitu langkah pertama sampai langkah keempat. Jadi, Anda cukup masukkan *123*7*1*2# ke dial up ponsel dan ponsel akan memunculkan pesan seperti yang tertera di gambar 4.2. Tinggal lanjutkan ke langkah selanjutnya untuk mendapatkan info kartu XL Anda.

2.    MyXL atau https://my.xl.co.id/

Sama seperti provider lain, XL juga menyediakan aplikasi khusus yang mempermudah pengguna untuk mengisi ulang pulsa dan kuotanya. Nama aplikasinya, myXL. Lewat aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan detail kartu yang digunakan. Mulai dari nomor, masa aktif, sisa pulsa, dan paket yang digunakan. Hebatnya lagi, dilansir dari video yang diunggah oleh XL Axiata di YouTube dan deskripsi aplikasi, Anda tidak akan dibebankan biaya data saat membukanya. Dapatkan aplikasinya di toko aplikasi seperti Google Play Store. Aplikasi kompatibel dengan perangkat android maupun iOS. Langkah untuk memeriksa nomor XL Anda melalui aplikasi ini tidak ribet.

  • Unduh aplikasi myXL, instal dan buka aplikasinya. Aplikasi yang berukuran 10 MB ini hanya disediakan untuk pengguna XL saja.

 

  • Hanya ada satu cara untuk daftar dan login ke aplikasi myXL, yaitu menggunakan nomor ponsel. Lalu masuk ke proses login. Agar bisa memeriksa nomor Anda. Gunakan saja website aplikasinya di https://my.xl.co.id/ . Di sini, Anda bisa masuk dengan dua cara, nomor XL atau Facebook.

 

Pilihlah ‘Saya Berbahasa Indonesia’ untuk menikmati layanan dalam bahasa Indonesia. Karena Anda lupa dengan nomor ponsel Anda maka cara yang akan digunakan adalah cara kedua yaitu menggunakan Facebook.

Anda bisa masuk dengan email dan password Facebook Anda. Otomatis, myXL akan menyajikan nomor ponsel Anda beserta sisa pulsa, masa aktif, dan paket yang aktif.

Untuk bisa menggunakan login dengan akun Facebook, akun myXL Anda harus sudah tersambung dengan akun Facebook Anda. Jika belum, gunakan cara lainnya di bawah ini.

3.    Klik Bantuan Customer Service

Apabila cara kedua tidak berhasil, gunakan cara ketiga ini. Langsung menghubungi petugas operator XL. Nah, berikut lima cara untuk tersambung dengan CS XL.

  • Call Center XL

Ada dua nomor yang siap membantu Anda menangani masalah Anda ini.

  • 817

Untuk terhubung dengan customer service dari XL, gunakan 817. Layanan ini memiliki tarif sebesar Rp350,- per panggilan.

  • 818

Nomor ini akan menghubungkan Anda dengan mesin penjawab otomatis atau disebut dengan IVR. Kependekan dari interactive voice response. Setelahnya, Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan. Layanan ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Layanan ini aktif 24 jam nonstop.

  • PSTN dan Faximile

Buat Anda yang tidak menggunakan nomor ponsel XL untuk menghubungi petugas operator representatif dari XL, gunakan nomor PSTN, yaitu +62 21 579 59817. Tarifnya tergantung dari kebijakan masing-masing operator, operator yang Anda gunakan untuk menghubungi. Jika ingin menambahkan lampiran, misal gambar untuk memperkuat laporan. Anda bisa menggunakan mesin fax dan kirim ke nomor +62 21 579 59808.

  • Email

Anda juga bisa meminta bantuan menggunakan email bantuan yang dimiliki XL yaitu di [email protected] untuk terhubung dengan petugas operator. Gunakan attach email jika ingin melampirkan gambar.

  • Live Chat

Terakhir, gunakan layanan live chat yang ada di website resminya di https://www.xl.co.id/ . Layanan ini ada di pojok kanan bawah.

4.    Memeriksa di Profil Akun Tersinkronisasi

Ada untungnya saat Anda memasukkan nomor ponsel ke aplikasi lain. Salah satunya Anda bisa memeriksa kembali nomor yang dicantumkan. Anda cukup ingat-ingat, aplikasi apa yang membutuhkan nomor ponsel Anda tersebut lalu masuk ke aplikasi dan periksa di laman profile. Di sana akan tersedia informasi mengenai nama pengguna, email, tanggal lahir, serta informasi nomor yang dicantumkan. Setelah mengetahuinya, segera catat nomor tersebut agar tidak lupa lagi.

5.    Telepon atau SMS ke Nomor Lain

Setiap ponsel saat ini didukung dengan double SIM card alias bisa dimasukkan dua nomor sekaligus. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengetahui nomor XL Anda. Bisa dengan melakukan panggilan ke nomor sendiri, orang terdekat, keluarga, atau teman. Bisa juga dengan mengirimkan pesan ke seseorang.

Cara Cek Masa Aktif dan Masa Tenggang Kartu XL

Saat Anda menggunakan cara kelima (telepon atau SMS ke nomor lain) untuk mengetahui nomor ponsel Anda, ada dua kondisi yang perlu diwaspadai.

1.    Pulsa habis

Apabila pulsa habis, tentu cara kelima tidak bisa Anda gunakan.

2.    Nomor masuk ke dalam masa tenggang

Saat kartu memasuki masa tenggang, kartu yang Anda tidak bisa melakukan panggilan atau mengirimkan SMS tetapi bisa menerima panggilan atau SMS. Antisipasi agar kartu tidak masuk ke masa tenggang. Pastikan jika Anda rutin memeriksa masa aktifnya ya. Lantas, bagaimana cek masa aktif kartu XL sekaligus masa tenggangnya?

  1. Anda yang menggunakan aplikasi myXL bisa melihat informasi masa aktif kartu di bawah total sisa pulsa. Caranya: login ke aplikasi dan scroll down atau gulir ke bawah tampilan aplikasi dan Anda akan mendapatkan informasi terkait pulsa dan masa aktif kartu XL.
  2. Dial Up ke *123#.Cara ini akan langsung memberitahukan Anda berapa sisa pulsa dan tanggal masa aktif kartu yang digunakan.
  3. Website myXL juga bisa digunakan untuk memeriksa masa tenggang kartu XL. Berikut caranya.
    • Buka laman https://my.xl.co.id/ .
    • Geser terus tampilannya hingga menemukan ‘Mulai Sekarang’ dan masuk menggunakan nomor atau Facebook.
    • Setelah login berhasil, Anda akan menemukan tampilan berupa informasi kartu.

Masa tenggang adalah masa di mana kartu telah habis masa aktifnya dan pengguna tidak melakukan pengisian ulang selama tiga puluh hari. Setelah tiga puluh hari kartu akan terblokir secara sempurna dan tidak bisa digunakan lagi. Ada beberapa kemungkinan mengapa kartu memasuki masa tenggang bahkan terblokir. Salah satunya karena tidak digunakan secara aktif untuk menelpon, SMS, atau internetan.

Hal ini terjadi karena sekarang banyak yang menggunakan kuota sekali pakai sehingga kartu yang digunakan pun diabaikan. Anda bisa berpatokan pada masa aktif untuk mengetahui masa tenggang kartu. Masa tenggang kartu bisa diperkirakan satu bulan dari masa aktif yang ada di bawah nomor ponsel Anda.

Cara Menambah Masa Aktif Kartu XL

Untuk bisa lepas dari masa tenggang, Anda harus melakukan pengisian pulsa di konter pulsa, toko online, atau pembelian melalui e-wallet. Anda juga bisa melakukan penambahan masa aktif kartu apabila nomor Anda memiliki sejumlah pulsa untuk membeli perpanjangan masa aktif. Bagaimana caranya?

  1. Menu dial up ke *123#
  2. Lalu pilih nomor 7 untuk menu INFO.
  3. Pilih nomor 1 ‘Info Kartu XL-ku.’
  4. Pilih nomor 7 ‘Perpanjang Masa Aktif’.
  5. Pilih berapa lama Anda ingin memperpanjang masa aktif kartu Anda. Pastikan juga jika pulsa Anda mencukupi untuk membeli paket masa aktif ini.
  6. Jika sudah, ketikkan nomor berapa Anda ingin membeli paket perpanjangan masa aktifnya. Sistem akan otomatis membalas dengan pernyataan jika Anda akan membeli paket tersebut. Anda bisa ketikkan ‘Lanjut’ untuk memproses pembelian paket. Di sini, Anda juga akan direkomendasikan paket perpanjang masa aktif yang lebih besar dari paket yang dipilih.
  7. Setelah mengkonfirmasi pembelian, tunggulah beberapa saat hingga XL memvalidasi pembelian Anda. Anda akan mendapatkan pesan SMS yang berupa pembelian paket perpanjang masa aktif berhasil dilakukan. Otomatis, masa aktif Anda akan bertambah dan pulsa berkurang.

Cara ini bisa Anda singkat menjadi *123*7*1*7# dan pilih paket perpanjang masa aktif yang ingin dibeli.

Tips Terhindar dari Lupa Nomor Ponsel

Agar terhindar dari lupa nomor ponsel, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan.

  1. Simpan di kontak ponsel atau SIM.
  2. Tulis di buku atau secarik kertas yang bisa disimpan di tas atau dompet, bisa juga ditempelkan di bagian belakang ponsel atau diselipkan di bagian belakang ponsel untuk ponsel yang menggunakan baterai lepas.
  3. Menyimpan dial up pengecekan nomor di kontak.
  4. Menghafalkan nomor ponsel sendiri.
  5. Menyimpan nomor kartu dari bungkus kartu perdana di dompet atau tas.
  6. Sinkronisasikan nomor ponsel dengan aplikasi jejaring sosial, misal Facebook atau email sehingga Anda bisa memeriksa nomornya di profil akun.

Tips di atas mungkin sederhana tapi cukup ampuh untuk mengatasi kelupaan nomor ponsel. Itulah lima cara mudah untuk mengetahui nomor XL sendiri beserta masa aktif, masa tenggang, dan cara menambahkan masa aktif kartu dengan memanfaatkan pulsa yang ada. Semoga cara-cara di atas bisa menghindarkan Anda dari kartu terblokir mati dan tidak bisa digunakan lagi. Selamat mencoba.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Bagaimana cara cek nomor XL ?” answer-0=”Pertama dengan Dial UP *123# .Ketik *123# di menu panggilan.Sistem akan memberikan balasan berupa sisa pulsa, tanggal masa aktif nomor, dan menu penawaran lain dari XL yang bisa dicek satu per satu. Pilihlah nomor 7 yaitu INFO.Pilih opsi 1, yaitu ‘Info Kartu XL-Ku.’ Lanjutkan ke opsi dua, ‘Detail Nomor XL Anda’ lalu ketik 97 untuk melanjutkan ke menu layanan XL berupa cek profil kartu dan layanan. Pilih 1 untuk Cek Profil dan ketik 1 lagi untuk mendapatkan detail nomor ponsel Anda. Muncul informasi rinci nomor XL Anda. Yang kedua menggunakan MyXL atau https://my.xl.co.id/ .Unduh aplikasi myXL, instal dan buka aplikasinya. Lalu masuk ke proses login. Agar bisa memeriksa nomor Anda. Gunakan saja website aplikasinya di https://my.xl.co.id/ . Di sini, Anda bisa masuk dengan dua cara, nomor XL atau Facebook. Yang ketiga dengan Klik Bantuan Customer Service dengan Call Center XL 817atau 818 PSTN dan Faximile yaitu +62 21 579 59817, Email [email protected] , dan Live Chat di website resminya di https://www.xl.co.id/.Yang ketiga dengan Memeriksa di Profil Akun Tersinkronisasi.dan bisa juga dengan mengirim sms atau menelpon nomor lain” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Bagaimana cara mengecek masa aktif dan masa tenggang kartu XL ?” answer-1=”cara yang pertama dengan Dial Up ke *123# cara ini akan langsung memberitahukan Anda berapa sisa pulsa dan tanggal masa aktif kartu yang digunakan. yang kedua dengan Aplikasi myXL : login ke aplikasi dan scroll down atau gulir ke bawah tampilan aplikasi dan Anda akan mendapatkan informasi terkait pulsa dan masa aktif kartu XL. ttps://my.xl.co.id/. Buka laman https://my.xl.co.id/ . Geser terus tampilannya hingga menemukan ‘Mulai Sekarang’ dan masuk menggunakan nomor atau Facebook. Setelah login berhasil, Anda akan menemukan tampilan berupa informasi kartu. ” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Bagaimana tips agar terhindar dari lupa password ?” answer-2=”Simpan di kontak ponsel atau SIM , Tulis di buku atau secarik kertas yang bisa disimpan di tas atau dompet, Menyimpan dial up pengecekan nomor di kontak, Menghafalkan nomor ponsel sendiri, Menyimpan nomor kartu dari bungkus kartu perdana di dompet atau tas,bisa juga Sinkronisasikan nomor ponsel dengan aplikasi jejaring sosial” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]

Related Articles