Celine Dion Umumkan Derita Penyakit Saraf Langka Stiff Person Syndrome

Celine Dion Umumkan Derita Penyakit Saraf Langka Stiff Person Syndrome

JawaPos.com–Diva dunia Celine Dion mengungkapkan dirinya didiagnosis penyakit saraf langka. Namanya Stiff Person Syndrome.

Penyanyi legendaris asal Kanada itu telah menjadwal ulang beberapa jadwal tur Eropa karena diagnosis baru-baru ini, terkena gangguan neurologis langka yang disebut sindrom kaku atau Stiff Person Syndrome. Dia yang kini berusia 54 tahun mengalami kejang otot.

”Penyakit ini memengaruhi setiap aspek kehidupan saya sehari-hari,” jelas Celine Dion seperti dilansir dari Global News, Jumat (9/12).

Apa Itu Stiff Person Syndrome? Sindrom ini adalah kelainan yang tidak dapat disembuhkan yang menyebabkan kekakuan dan kejang otot progresif.

Menurut The Stiff Person Syndrome Research Foundation, mereka yang didiagnosis dengan gangguan tersebut dapat menjadi cacat, terbaring di tempat tidur atau tidak dapat merawat diri mereka sendiri,

National Center for Advancing Translational Sciences melaporkan ada kurang dari 5.000 kasus sindrom orang kaku yang diketahui di AS. Gejala gangguan ini dapat dimulai kapan saja dalam kehidupan pasien, meskipun paling sering terlihat di masa dewasa.

Celine Dion Menangis

Celine Dion mengumumkannya dengan berlinang air mata. Dia mengatakan kepada penggemar bahwa gangguan tersebut terkadang menyebabkan kesulitan bernyanyi.

”Saat saya berjalan seolah tidak mengizinkan saya menggunakan pita suara untuk bernyanyi seperti biasanya. Saya sudah lama berurusan dengan masalah kesehatan saya, dan sangat sulit bagi saya untuk menghadapi tantangan ini dan membicarakan semua yang telah saya alami,” kata Celine Dion.

Dion sangat menyesal bahwa penyakitnya membuatnya tidak dapat memulai tur Eropa pada Februari. Tur 2023, telah dijadwalkan ulang untuk tahun berikutnya. Delapan pertunjukan Dion pada 2023, dari 31 Mei hingga 17 Juli, telah dibatalkan sama sekali.

Tetap saja, penyanyi My Heart Will Go On meyakinkan penggemar bahwa dia, dokter, dan keluarganya, melakukan segala daya mereka untuk membantu kondisinya membaik. Pemenang penghargaan Grammy lima kali itu berharap dia akan bernyanyi lagi.

”Yang saya tahu hanyalah bernyanyi,” ucap Celine Dion.

”Itulah yang telah saya lakukan sepanjang hidup saya. Dan itulah yang paling saya suka lakukan,” tambah dia.

Dion mengatakan, dia berkonsultasi dengan terapis kedokteran olahraga setiap hari untuk meningkatkan kekuatannya dan membuatnya tampil prima. ”Saya sangat merindukanmu. Aku rindu melihat kalian semua,” kata Dion kepada penggemarnya.

”Saya selalu memberikan 100 persen ketika saya melakukan pertunjukan saya, tetapi kondisi saya tidak memungkinkan saya untuk memberikannya sekarang,” tutur dia.

Awal tahun, Dion menunda tur dunianya karena kejang otot yang parah dan terus-menerus. Informasi tentang tur dan penjadwalan ulang Dion dapat ditemukan di situs webnya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles