Cerita Angelina Sondakh Ciptakan Lagu dan Dilema Ditantang Bernyanyi

JawaPos.com – Angelina Sondakh diketahui bukan seorang penyanyi. Tapi, dia memiliki lagu bagus yang diciptakannya sendiri saat masih berada di dalam penjara. Lagu itu berjudul Setia dan dibuat terinspirasi dari kesetiaan orang tuanya yang selalu memberikan dukungan saat Angie sedang berada di titik terendah dalam hidup.

Menurut Angelina Sondakh, lagu Setia diciptakan sekitar tahun 2021 silam. Lagunya dia ciptakan saat terpenjara oleh rindu kepada kedua orang tuanya. Di sisi lain, dia tidak bisa bertemu mereka lantaran terhalang oleh pandemi Covid-19.

“Setiap kali aku telepon (dari dalam penjara). ‘Lagi di mana, Ma?’. Kalau enggak pas aku telepon daddy, lagi di mana, Dad?’. Aku merasa bahwa ayah aku itu menunjukkan kesetiaannya sampai akhir hayatnya,” jelas Angelina Sondakh di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (6/12).

Ketika Angie dinyatakan bebas, dia pun memperlihatkan lagu ciptaannya itu kepada ayahnya. Menurut Angelina Sondakh, mendiang Lucky Sondakh sangat suka pada lagu itu.

Ayahnya kala itu meminta agar lagu itu dinyanyikan sendiri oleh Angelina Sondakh. Awalnya dia cukup berat atas permintaan itu mengingat Angie sadar diri bukan seorang penyanyi.

“Aku bilang jangan nyanyi pakai suara aku karena aku bukan penyanyi dan aku belum pernah belajar menyanyi, tidak tahu tekniknya seperti apa. Tapi, aku dirayu-rayu untuk mau. Makanya aku semangat. Aku selalu ditemani ke studio sama Opa,” jelas Angie.

Angelina Sondakh akhirnya mau menyanyikan lagu Setia. Namun, dia juga meminta agar yang menjadi model video klipnya adalah ayah dan ibunya. Mereka pun setuju.

Tantangan yang dihadapi Angie tentu saja tidak semudah membalikkan tangan. Dia harus melakukan latihan menyanyi secara serius untuk waktu cukup lama. Dia kemudian dikenalkan kepada penyanyi senior Julius Sitanggang. Mereka pun latihan bareng. Kendati awalnya bersemangat, Angelina Sondakh sempat patah arang tak mau melanjutkan menyanyi lantaran merasa tidak mampu.

“Pengin buat ayah bangga dengan aku yang pengin memberikan yang terbaik buat my dad. Ketika ke sini-sini aku sudah enggak mau nerusin karena setiap aku take vocal suaranya enggak sampai. Suara aku enggak ada,” akunya.

Di tengah keputusasaan nyaris menghinggapinya, Angie disemangati oleh ayahnya dan Julius Sitanggang. Alhasil, Angelina Sondakh berhasil merampungkan proses rekaman lagu itu setelah ayahnya tiada.

“Sebenarnya kalau untuk take vokal langsung itu nggak banyak. Cuma karena kondisi pada saat itu dia sedang mengalami kesedihan, jadi goyang. Namanya orang lagi sedih kan, kalau nyanyi kehilangan orangtua, pasti suaranya pasti getar. Tapi setelah dia sedikit tenang dan beristirahat, lancar suaranya. Karena dia memang basic musiknya juga ada. Bisa main piano, gitar, jadi tone- nya dapat,” tutur Julius.

Lagu Setia kini secara resmi dirilis dengan konsep duet Angie dan Julius. Angelina Sondakh berharap lagu itu bisa menjadi kenangan indah mengenang kesetiaan dan cinta yang luar biasa dicurahkan orang tuanya kepada dirinya. Selain itu, Angie berharap lagu itu juga menjadi kenangan untuk anak keturunannya kelak.

“Kalau misalkan barang entah itu stick golf atau baju mungkin ada masa pakainya. Tapi Insya Allah mudah- mudahan lagu ini sampai ke cucu ke buyut bisa menyaksikan kesetiaan Opa,” tandasnya.


Credit: Source link