Chatbot TISA Siap Bantu Para Penyandang Disabilitas Dapatkan Informasi

JawaPos.com – Thisable Enterprise bersama dengan Kata.ai dan PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata) meluncurkan TISA, yakni sebuah sistem informasi digital terbaru yang dibekali teknologi artificial intelligence (AI). Chatbot ini berfungsi untuk membantu para disabilitas dalam mengakses informasi mengenai ekosistem yang inklusif.

Head of Business Development Disable, Thisable Enterprise Nicky Clara menjelaskan bahwa TISA ditujukan untuk membantu para penyadang disabilitas terpenuhi hak informasinya. Sebab, menurut dia terpenuhinya informasi merupakan bentuk kesetaraan manusia.

“Tisa ini membantu khususnya teman-teman admin, untuk membantu menjawab pertanyaan disabiitas, chatbot ini juga terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp dan didukung dengan teknologi kecerdasan artifisial untuk memberikan Iayanan yang mudah diakses dan pengalaman digital terbaik bagi teman-teman disabilitas,” ungkap dia dalam Peluncuran Chatbot TISA di CoHive 101, Jakarta, Rabu (26/8).

Adapun, informasi yang akan didapat adalah seputar pekerjaan, pendaftaraan kerja, pelatihan, layanan pengaduan disabilitas, serta program-program Thisable Iainnya.

Reynir Fauzan selaku CMO dan Co-Founder Kata.ai menyampaikan bahwa TISA juga telah ditanamkan teknologi natural language processing (NLP). Adanya Chatbot TISA ini diharapkan akan menjadi wajah virtual yang mempresentasikan Thisable kepada para stakeholders untuk terciptanya ekosistem yang inklusif.

“Teknologi AI sering dianggap hadir untuk menggantikan pekerjaan manusia. Namun, melalui kolaborasi Kata.ai dengan Thisable dan Metrodata, teknologi AI justru dapat membantu teman-teman yang berkebutuhan khusus dalam meningkatkan Iiterasi digital dan juga produktivitas kerja mereka. Kami berharap inisiasi ini akan membawa dampak sosial maupun perekonomian yang baik untuk Indonesia, khususnya di era kenormalan baru ini,” terang dia.

Kemudian, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia yang juga sebagai pendiri Thisable Enterprise ini menuturkan bahwa TISA akan menjadi sahabat baru bagi orang berkebutuhan khusus.

“Kita punya sahabat baru dengan teknologi, kita ini banyak mendapat pertanyaan (dari penyandang disabilitas), informasi yang ditanya itu banyak, seperti ada lowongan kerja ngga. Jadi Thisable ini berawal dari satu admin yang mendapatkan terus pertanyaan, admin kewalahan. Maka hadirlah Kata.ai dan Metrodata yang menghadirkan solusi. Dengan demand yang banyak, fungsi teknologi ini bisa membantu kita,” ujar dia.

Presiden Direktur Metrodata Susanto Djaja mengungkapkan bahwa pihaknya merasa senang bisa berkontribusi dalam memberikan kesetaraan akses kepada para penyandang disabilitas. “Ini suatu kerjasama yang baik, selamat kepada peluncuran daripada TISA,” jelasnya.


Credit: Source link