China Tolak Rencana AS Perpanjang Embargo Senjata Iran

0
China Tolak Rencana AS Perpanjang Embargo Senjata Iran

Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump menghadiri pertemuan bilateral di sela KTT G20 di Osaka pada 29 Juni 2019. (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com – China menolak mentah-mentah rencana Amerika Serikat (AS) untuk memperpanjang embargo senjata PBB terhadap Iran.

Dikutip dari Al-Arabiya pada Jumat (15/5), bila rencana ini tidak digagalkan, maka Washington berpeluang mengembalikan seluruh sanksi terhadap Teheran di Dewan Keamanan PBB.

Utusan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook, secara terbuka mengkonfirmasi rencana AS dua minggu setelah seorang pejabat AS yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa AS telah memberi tahu Inggris, Prancis dan Jerman tentang rencananya.

Sementara Perwakilan China untuk PBB di New York mengatakan bahwa dengan berhentinya AS dari kesepakatan nuklir Iran pada 2018, Washington telah “gagal memenuhi kewajibannya” di bawah resolusi Dewan Keamanan 2015.

Diketahui, Iran saat ini terikat Pakta Nuklir 2015 berdasarkan kesepakatan dengan Amerika Serikat, Rusia, China, Jerman, Inggris dan Prancis, yang mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir.

Kesepakatan itu yang dikenal sebagai JCPOA, memungkinkan untuk mengembalikan (snapback) seluruh sanksi yang dijatuhkan sebelumnya, termasuk embargo senjata, jika Iran melanggar kesepakatan.

Sementara di bawah kesepakatan nuklir, embargo senjata PBB akan berakhir pada Oktober mendatang.

“AS tidak memiliki hak untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran, apalagi untuk memicu snapback. Mempertahankan JCPOA adalah satu-satunya cara yang tepat untuk maju,” tulis Perwakilan China untuk PBB di Twitter.

Selain China, Rusia telah mengisyaratkan penentangannya untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran, dan klaim AS bahwa mereka dapat memicu kembalinya semua sanksi terhadap Teheran.

Presiden AS Donald Trump menegaskan bahwa kesepakatan yang ada saat ini merupakan warisan kesepakatan paling buruk dari Presiden AS sebelumnya, Barack Obama.

TAGS : China Amerika Serikat Iran Embargo Senjata

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/72360/China-Tolak-Rencana-AS-Perpanjang-Embargo-Senjata-Iran/

Leave A Reply

Your email address will not be published.