Ciptakan Desa Sejahtera, KKP Inisiasi Program ‘Kampung Ikan’

JawaPos.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat di kawasan perdesaan. Salah satunya melalui program ‘Kampung Ikan’. ‘Kampung Ikan’ sendiri merupakan bentuk pengembangan berbagai jenis komoditas tertentu di suatu desa atau daerah tertentu diyakini juga bisa meningkatkan kesejahteraan di kawasan perdesaan.

Kepala Pusat Riset Perikanan KKP Yayan Hikmayani menyebut perdesaan sebenarnya menjadi ujung tombak pembangunan. Sebab, ketika desa menjadi pusat pembangunan maka dampaknya akan menjalar hingga perekonomian nasional.

“‘Kampung Ikan’ sudah ada, cuma sentuhan menginovasi ‘Kampung Ikan’ yang sudah ada dan yang akan diadakan supaya berkembang,” ujarnya di gedung KKP Jakarta, Selasa (15/6).

Yayan mengungkapkan, jumlah perdesaan di Indonesia sangat besar. Bahkan jika dikembangkan dengan berbagai inovasi budi daya dapat berpotensi menghasilkan produk bernilai tinggi berkualitas ekspor.

“Jumlah desa luar biasa dan jadi potensi besar, 73.000 desa. Ketika kita mampu membuat desa jadi sejahtera maka rakyat sejahtera,” tuturnya.

Program ‘Kampung Ikan’ ini, kata Yayan, diharapkan dapat menjadi fokus kawasan perdesaan dalam meningkatkan kinerja sektor kelautan dan perikanan nasional. “‘Kampung Ikan’ ini hulu ke hilir bisa dari berbagai masyarajat. Masyarakat setempat seperti apa maunya dan mengangkat kearifan lokal,” imbuhnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link