Covid-19 Buat Sistem Kesehatan Yaman Kolaps

by

in
Covid-19 Buat Sistem Kesehatan Yaman Kolaps

Sebuah departemen baru untuk pasien coronavirus sedang didirikan di Rumah Sakit Zaid dalam tindakan pencegahan terhadap pandemi coronavirus (COVID-19) di Sanaa, Yaman pada 28 Maret 2020 [Badan Mohammed Hamoud / Anadolu]

Jakarta, Jurnas.com – Claire HaDuong, kepala misi Medecins Sans Frontieres di Yaman mengatakan, pertempuran melawan covid-19 telah menyebabkan sistem perawatan kesehatan Yaman runtuh dalam jumlah besar.

“Sekarang COVID-19 telah membuat kehancuran itu selesai,” kaya Claire dilansir Middleeast, Minggu (14/06).

Dalam pembaruan terbaru yang dipublikasikan di situs web MSF pada hari Rabu, HaDuong menyatakan bahwa keruntuhan itu terjadi karena banyak rumah sakit tutup karena takut akan covid-19 atau karena kurangnya staf dan peralatan pelindung diri.

“Banyak orang akan mati karena virus ini, tetapi kami khawatir bahwa banyak orang lain juga akan mati karena kematian yang seharusnya bisa dicegah, karena perawatan kesehatan tidak tersedia,” ujarnya.

MSF menegaskan bahwa mereka berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga program kesehatan reguler organisasi tetap terbuka dan untuk menanggapi wabah Covid-19 di negara ini.

Baca juga.. :

Namun, dijelaskan bahwa sulit untuk membawa staf dan persediaan ke negara itu karena skala kebutuhannya terlalu besar untuk ditanggapi oleh organisasi mana pun.

Sementara itu, menurut HaDuong, ada campuran aneh ketakutan dan penolakan tentang virus di sini. Orang tidak ingin menerima kemungkinan itu bisa tiba atau sudah beredar.

“Tetapi begitu orang dihadapkan dengan sebuah kasus, itu telah menyebabkan kepanikan. Tapi kemudian ini adalah negara yang hampir tidak memiliki sarana untuk menanggapi wabah ini, jadi dapat dimengerti bahwa orang-orang takut. ”

HaDuong menegaskan bahwa MSF “tidak dapat menghadapi krisis ini sendirian,” menekankan bahwa PBB dan negara-negara donor lainnya.

Ia mengatakan bahwa perlu segera menemukan cara untuk meningkatkan respon, termasuk melalui intervensi langsung dari lembaga kemanusiaan medis dan dukungan untuk kesehatan Yaman.

“Sistem dengan uang untuk membayar staf layanan kesehatan, peralatan untuk melindungi mereka, dan konsentrator oksigen untuk membantu pasien yang sakit bernafas,” tambahnya.

“Pihak berwenang setempat perlu memfasilitasi pekerjaan organisasi internasional seperti MSF yang bekerja dengan mereka untuk merespons virus. Mereka perlu memastikan masuknya pasokan medis dan staf internasional untuk memperkuat tim di lapangan. ”

TAGS : Sistem Kesehatan Yaman Pandemi Covid-19

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/73727/Covid-19-Buat-Sistem-Kesehatan-Yaman-Kolaps/