Dari Belasan WNI di Kapal Shinsung Dinyatakan Hilang hingga Arak Bali Jadi WBTb

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI Judha Nugraha menyampaikan pengarahan kepada media secara daring pada Kamis (3/11/2022). (BP/Ant)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Kamis (3/11) sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Belasan WNI di Kapal Shinsung Dinyatakan Hilang

JAKARTA, BALIPOST.com – Awak kapal Shinsung yang merupakan 12 WNI dinyatakan hilang setelah kapal kargo berbendera Panama itu tenggelam di perairan sebelah barat Taiwan pada 31 Oktober 2022. Kapal sebelum tenggelam mengalami kerusakan mesin.

“Kapal mengalami kerusakan mesin, kemudian tenggelam akibat ombak besar, dengan jarak sekitar 14 mil laut dari garis pantai Changhua, Taiwan,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (3/11).

Selengkapnya baca di sini

2. Pria Tebas dan Bacok Mantan Pacar Istri

BANGLI, BALIPOST.com – I Made Umbarayasa (26) warga Desa Belanga, nekat membacok dan menebas Komang Mertayasa (28) warga Desa Batur Tengah, Kintamani secara membabi-buta dengan sebilah pisau. Peristiwa penganiayaan itu terjadi di kebun belakang rumah pelaku di Desa Batur Selatan, Rabu (2/11) malam.

Akibat penganiayaan itu korban mengalami luka di tubuh serta kepala dan telah dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan pelaku diamankan di Polsek Kintamani.

Selengkapnya baca di sini

3. Ayah Setubuhi Anak Kandung dan Keponakan, Sambil Nangis Ngaku Khilaf dan Minta Maaf

TABANAN, BALIPOST.com – Penyesalan disampaikan tersangka persetubuhan anak di bawah umur, IKEA (48). Pria yang menyetubuhi anak kandungnya, KAB (13), dan keponakannya, LPA (14), mengaku khilaf.

Dalam rilis kasusnya, Kamis (3/11), di Polres Tabanan, tersangka membeberkan alasan melakukan tindakan bejat itu. Ia terdesak melakukan aksi bejat ini lantaran sudah hampir 5-6 tahun tidak dilayani kebutuhan biologisnya oleh sang istri lantaran sakit. “Istri tidak mau setiap kali diajak berhubungan badan, jadi saya khilaf,” ucapnya.

Selengkapnya baca di sini

4. Ayah Setubuhi Anak Kandung dan Keponakan, Dipaksa “Threesome”

TABANAN, BALIPOST.com – Aksi bejat dilakukan IKEA (48) terhadap anak kandung dan keponakannya yang masih duduk di bangku SMP. Keduanya disetubuhi sejak 3 tahun lalu, 2019.

Dalam rilis kasus ini, Kamis (3/11), Kapolres Tabanan, AKBP Ranefli Dian Candra mengatakan  korban, KAB, disetubuhi sejak 2019 saat masih duduk di kelas 4 SD. Saat itu, ungkap Ranefli, korban baru pulang sekolah dan ditarik ke kamar diminta membuka baju. “Perbuatan pertama kali itu yang diingat oleh korban,” ujarnya.

Selengkapnya baca di sini

5. Arak Bali Ditetapkan Menjadi WBTb

DENPASAR, BALIPOST.com – Arak Bali dan 8 warisan budaya Bali lainnya berhasil ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI pada Sidang Penetapan WBTb yang dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) di Hotel The Alana Malioboro, Yogyakarta pada 27 September hingga 1 Oktober 2022. Penetapan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 414/P/2022 Tentang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2022.

Sidang penetapan diawali dengan pemaparan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, mengenai urgensi usulan penetapan 9 warisan budaya Bali menjadi WBTb Nasional. Seperti misalnya, kemahiran membuat Arak Bali, merupakan pengetahuan tradisional yang perlu dikembangkan karena selain mengandung nilai kehidupan, juga berpeluang besar sebagai sumber penghidupan dan kesejahteraan masyarakat Bali. Dengan penetapan menjadi WBTb, Arak Bali dan 8 warisan budaya lainnya akan mendapat pelidungan dan pengakuan secara nasional.

Selengkapnya baca di sini

Credit: Source link