Dari Harapan Mahasiswa Papua hingga Hari Arak Bali

Dari Harapan Mahasiswa Papua hingga Hari Arak Bali
Dari Harapan Mahasiswa Papua hingga Hari Arak Bali 1
Mahasiswa dan pelajar asal Papua saat bertemu Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra di Posyan Pantai Kuta. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Sabtu (24/12), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Bertemu Kapolda, Ini Harapan Mahasiswa Papua

DENPASAR, BALIPOST.com – Tidak sedikit mahasiswa Papua yang tinggal di Bali. Mereka bertatus pelajar, mahasiswa dan karyawan swasta. Menyambut Natal 2022, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra menemukan sejumlah pelajar dan mahasiswa di Pos Pelayanan (Posyam) Pantai Kuta, Sabtu (24/12).

Pada kesempatan baik itu, Kapolda Putu Jayan didampingi Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas memberikan tali kasih ke mahasiswa dan pelajar asal Papua tersebut. “Ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kami dari kepolisian selaku orangtua asuh bagi pelajar Papua, agar mereka di Bali merasa seperti di rumah sendiri terlebih saat merayakan Natal,” ucap Kapolresta Yugo.

Selengkapnya baca di sini

2. Pohon Tumbang Timpa Mobil, Sopir Tewas

DENPASAR, BALIPOST.com – Cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini memakan korban jiwa. Seorang sopir mobil pick up meninggal di Jalan Sudirman, Denpasar akibat kendaraannya tertimpa pohon, Jumat (23/12) malam.

Informasi dihimpun, pohon palem tumbang dan menimpa mobil pick-up DK 8473 CY. Akibatnya sopir mobil tersebut, Suwarto (39) tewas tergencet dan penumpangnya, Vebry Aberson Simarmata (23) mengalami luka lecet.

Selengkapnya baca di sini

3. PHDI Laporkan Dunia dan Priambada ke Bareskrim Mabes Polri

JAKARTA, BALIPOST.com – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat melaporkan IB Putu Dunia dan Komang Priambada ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Kamis (22/12). Keduanya diduga menyalahgunakan Merek PHDI tanpa seizin PHDI dan berpotensi merugikan Parisada Pusat sebagai pemegang sah atas merek-Merek milik Parisada Hindu Dharma Indonesia.

Menurut Ketua Bidang Hukum PHDI Pusat, Yanto Jaya, pelaporan ini dibuat setelah desakan berbagai pihak yang puncaknya disampaikan pada Rapat Koordinasi Pengurus Harian PHDI di Bali, 19-20 November 2022. Disebutkan Yanto, Ketua Umum dan Sekretaris Umum Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat adalah Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya dan I Ketut Budiasa, ST., MM sesuai hasil Mahasabha XII di Hotel Sultan, Jakarta, pada 28 – 31 Oktober 2021.

Selengkapnya baca di sini

4. Hujan Angin Melanda, Pohon Bertumbangan di Denpasar

DENPASAR, BALIPOST.com – Hujan disertai angin kencang melanda pada Jumat (23/12) malam. Akibat cuaca ekstrem ini, pohon bertumbangan di sejumlah lokasi di Denpasar.

Menurut Kepala BPBD Denpasar, I.B. Joni Ariwibawa, Sabtu (24/12), pohon tumbang menimbulkan satu korban jiwa dan seorang luka-luka di Jl. Sudirman, Denpasar. Seorang sopir, Suwarto (39) tewas tergencet dan penumpangnya, Vebry Aberson Simarmata (23) mengalami luka lecet.

Selengkapnya baca di sini

5. Gubernur Koster Tetapkan Hari Arak Bali, Ini 4 Tujuannya

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebagai upaya dan strategi memperkokoh pelindungan dan pemberdayaan Arak Bali yang sudah mulai dikenal masyarakat internasional, Gubernur Bali, Wayan Koster menetapkan tanggal 29 Januari sebagai Hari Arak Bali. Penetapan Hari Arak Bali ini ditetapkan pada acara Cocktail Arak Bali serangkaian penetapan Hari Arak Bali, di Madya Mandala, Taman Budaya, Art Center Denpasar, Jumat (23/12) malam.

Gubernur Koster, mengatakan ada 4 tujuan Hari Arak Bali diperingati setiap tahunnya. Pertama, mengenangkan pengundangan Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali sebagai tonggak perubahan status yang mengangkat keberadaan, nilai, dan harkat Arak Bali.

Selengkapnya baca di sini

Credit: Source link

Related Articles