Dari Presiden Jokowi Batal Buka PKB hingga Subvarian Baru Ditemukan di Bali

by

in
I Gede Arya Sugiartha. (BP/win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Jumat (10/6), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Presiden Jokowi Batal Buka PKB ke-44

DENPASAR, BALIPOST.com – Perhelatan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV (44) yang mengangkat tema “Danu Kerthi – Huluning Amreta”, Memuliakan Air Sumber Kehidupan” akan dibuka, Minggu (12/6) besok. Pembukaan akan diawali dengan pawai di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandi Renon pukul 14.00 WITA, kemudian dilanjutkan dengan pebukaan di Gedung Terbuka Ardha Candra, Art Center Denpasar pada pukul 19.00 WITA.

PKB ke-44 ini batal dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Pembukaan akan dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. “Kemarin, Kamis (9/6) berfluktuasi dinamis. Rencananya Presiden, karena ada kesibukan lalu diturunkan ke Wapres, dan Wapres sakit sehingga diturunkan ke Menteri Dalam Negeri,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha.

Selengkapnya baca di sini

2. Masuknya Subvarian Omicron ke Bali, Konsekuensi Buka “Border” Internasional

DENPASAR, BALIPOST.com – Sejumlah kasus subvarian Omicron ditemukan di Bali. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan varian BA.4 dan BA.5 yang ditemukan itu merupakan subvarian yang memicu kenaikan kasus di Eropa, Amerika, dan Asia.

Terkait munculnya subvarian ini, Ahli Virologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Prof. Dr. drh. I Gusti Ngurah Kade Mahardika, mengatakan, tidak perlu dikhawatirkan. Diakuinya, virus ini sebelumnya sangat dominan di Amerika.

Selengkapnya baca di sini

3. Lakalantas Maut di Darmasaba, Pemotor Tewas Tertabrak Mobil Saat Galungan

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bertepatan dengan hari raya Galungan, Rabu (8/6), lakalantas maut terjadi di Jalan Raya Darmasaba. Tepatnya di simpang empat Banjar Tegal, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Pengendara sepeda motor (pemotor), Maria Ulfa (43) tewas di TKP setelah ditabrak mobil dikemudikan oleh NLPSE (51). Kasi Humas Polres Badung Iptu Ketut Sudana, Jumat (10/6) menjelaskan, saat kejadian Ulfa asal Pasuruan, Jawa Timur ini, naik sepeda motor DK 3137 ABJ, sedangkan NLPSE mengemudikan mobil DK 1728 QD.

Selengkapnya baca di sini

4. Pertama Kali Digelar di Luar Eropa, Ini Alasan Vespa World Day 2022 Pilih Bali

MANGUPURA, BALIPOST.com – Event Vespa World Day (VWD) 2022, resmi digelar di Bali, Kamis (9/6) sampai Minggu (12/6). Bali menjadi lokasi pertama di luar Eropa yang menjadi tuan rumah VWD.

Vespa World Club (VWC) Former President, Martin Stift mengungkapkan alasan memilih Bali sebagai lokasi pertama digelarnya event ini di luar Eropa. Jelas pria asal Austria tersebut, Bali telah terkenal di dunia dan masyarakatnya ramah, menyenangkan, dan terbuka.

Selengkapnya baca di sini

5. Picu Kenaikan Kasus COVID-19, Kemenkes Waspadai Subvarian Baru Ditemukan di Bali

JAKARTA, BALIPOST.com – Kementerian Kesehatan RI sedang mewaspadai kenaikan angka kasus COVID-19 di Indonesia. Dikatakan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, terdapat sejumlah kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ditemukan di Provinsi Bali.

Dikatakan Budi, subvarian itu memicu kenaikan kasus di Eropa, Amerika, dan Asia. “Memang saat ini sudah keluar Variants under Monitoring (VuM) seperti Omicron BA.4 dan BA.5. Ini yang memicu kenaikan kasus di Eropa, Amerika dan Asia. Itu sudah ditemukan di Indonesia kemarin di Bali, ada empat orang kena,” katanya, Jumat (10/6) dikutip dari Kantor Berita Antara.

Selengkapnya baca di sini

Credit: Source link