DCVI dan DCVMI mulai bangun pabrik truk dan bus baru di Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) dan Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) selaku distributor tunggal dan perakit produk bus dan truk Mercedes-Benz di Indonesia telah memulai pembangunan fasilitas produksi dan perakitan baru di Cikarang, Jawa Barat.

Acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru tersebut pada Senin (19/2) dihadiri oleh Head of International Sales and Customer Services Daimler Truck Asia Andreas Deuschle, President Director of Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia Sankaranarayanan Ramamurthi, dan President Director of Daimler Commercial Vehicles Indonesia Naeem Hassim.

“Indonesia tercatat sebagai salah satu pasar utama kami di Asia Tenggara dan kami melihat adanya potensi yang sangat besar dan pertumbuhan yang menjanjikan untuk bisnis kendaraan niaga di Indonesia,” kata Deuschle sebagaimana dikutip dalam siaran pers perusahaan pada Selasa.

Deuschle menjelaskan bahwa Dewan Direksi Daimler Truck AG telah menyetujui pembangunan pabrik baru dengan komitmen investasi senilai Rp500 miliar.

“Kami percaya bahwa ini adalah kesempatan yang baik bagi Daimler Truck AG untuk meningkatkan keberadaannya dengan menghadirkan produk dan layanan yang tepat untuk membuat Indonesia terus maju,” katanya.

Fasilitas produksi dan perakitan baru Daimler di Cikarang luasnya 14,6 hektare, lebih luas dibandingkan fasilitas yang ada sekarang (5,6 hektare).

Fasilitas tersebut akan mencakup pabrik perakitan, lintasan uji coba, kantor manajemen, pusat persiapan kendaraan, dan fasilitas karyawan.

“Diharapkan perkembangan ini mampu meningkatkan proposisi nilai kami untuk mitra bisnis yang ada maupun untuk calon mitra bisnis yang sedang mencari produk dan layanan yang dapat diandalkan,” kata Ramamurthi.

Baca juga: Daimler Truck hadirkan dua Mercedes-Benz standar Euro 5 di Indonesia

Fasilitas baru DCVMI yang dibangun tahun 2024 diharapkan dapat beroperasi penuh pada kuartal pertama 2025, menggantikan fasilitas yang saat ini ada di Wanaherang, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Pabrik baru akan mendukung ekosistem lokal dan secara bertahap meningkatkan kandungan lokal dalam tiap produk truk dan bus Mercedes-Benz yang diproduksi di pabrik tersebut.

Hassim menambahkan, sejak Mercedes-Benz Truck Axor Euro 4 diluncurkan pada Juni 2022, perusahaan secara bertahap merakit unit tersebut secara lokal dan hingga saat ini sudah memiliki tujuh model.

Mercedes-Benz Axor Euro 4 merupakan salah satu produk unggulan dari pabrik perakitan di Indonesia. 

“Axor Euro 4 juga telah dilengkapi dengan penggunaan teknologi Eropa yang canggih, yaitu Selective Catalytic Reduction (SCR), dengan seri mesin OM 906 yang sudah teruji, mesin injeksi pompa unit, serta paket ritel dari Program Servis Gratis,” kata Hassim.

Baca juga: Daimler Truck catat peningkatan penjualan di pasar global pada 2023

Baca juga: Daimler Truck perdana bangun armada Truk Mercedes-Benz GenH2

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

Credit: Source link