Desa Adat Tegalasah Kelod Terus Kembangkan Kerajinan Dulang

BANGLI, BALIPOST.com – Desa Adat Tegalasah Kelod merupakan salah satu desa adat yang ada di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Tegalasah dikenal sebagai sentra kerajinan dulang. Sebagian besar krama di Desa Adat Tegalasah Kelod menggeluti usaha kerajinan tersebut.

Bendesa Adat Tegalasah Kelod, Sang Nyoman Wijaya mengatakan usaha kerajinan dulang di Tegalasah sudah ada sejak lama. Saat ini usaha kerajinan dulang di Tegalasah terus bertambah dan makin berkembang. Saat ini hampir 75 persen warga mempunyai usaha kerajinan dulang secara mandiri.

Produk kerajinan dulang yang dihasilkan warga Tegalasah Kelod, selama ini banyak diserap pasar-pasar di Bali. Bahkan dikirim sampai ke luar Bali, terutama daerah transmigrasi seperti di Sulawesi dan Sumatera.

Keberadaan usaha kerajinan dulang di Tegalasah Kelod mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan menyerap banyak tenaga kerja. Tidak saja warga lokal, namun juga tenaga kerja dari luar desa.

Dalam menjaga eksistensi dan meningkatkan perkembangan usaha kerajinan dulang di wewidangan Tegalasah Kelod, pihak desa adat berencana membentuk bhaga utsaha padruwen desa adat atau Bupda. (Dayu Swasrina/balipost)

Credit: Source link