Didorong Relaksasi Ekspor Batu Bara, Laba HAIS Naik 178 Persen

JawaPos.com – Perusahaan penyedia logistik dan transportasi laut PT Hasnur Internasional Shipping Tbk membukukan pendapatan sebesar Rp 313,7 miliar sepanjang semester I 2022. Pada periode sama tahun lalu, emiten bursa dengan kode ticker HAIS ini hanya mencetak pendapatan sebesar Rp 178,6 miliar.

Kenaikan pendapatan yang signifikan secara tahunan ini terutama didorong kenaikan volume kargo yang diangkut di periode-periode
tersebut sebesar 16 persen. Yakni sebanyak 3,37 juta metrik ton pada semester I 2021, menjadi 3,92 juta metrik ton pada semester I tahun ini.

Pada semester I 2022, sekitar 38 persen kargo-kargo tersebut diangkut oleh armada milik perseroan. Sementara pada semester I 2021, sebanyak 37 persen kargo yang diangkut dengan armada sendiri.

Kenaikan jumlah kargo sendiri terutama
didorong pelonggaran aturan ekspor batu bara
setelah sempat ada pelarangan ekspor awal tahun ini. Perseroan membukukan laba bersih untuk semester I 2022 sebesar Rp 45,1 miliar, atau naik 178 persen dibanding semester I 2021.

“Kami panjatkan syukur dan sampaikan terima
kasih kepada pelanggan, karyawan dan
pemegang saham atas capaian ini,” ungkap
Direktur Keuangan dan Administrasi Perseroan Novian Fitriawan, dalam keterbukaan dikutip Kamis (28/7).

Ia melanjutkan, pencapaian tersebut mengindikasikan bahwa perseroan telah menerapkan strategi dengan benar. Manajemen pun optimistis perkembangan bisnis akan terus meningkat hingga akhir tahun ini.


Credit: Source link