Diperkirakan 8 Juta Pemudik Gunakan Kereta Api, Mudik Gratis Disiapkan

Diperkirakan 8 Juta Pemudik Gunakan Kereta Api, Mudik Gratis Disiapkan

JawaPos.com – Diprediksi ada sekitar 8 juta penumpang yang naik kereta api selama mudik lebaran 2022. Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi ke Stasiun Pasar Senen menjelang masa mudik lebaran bersama Menko PMK Muhadjir Effendy.

Mengantisipasi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI bersinergi melakukan persiapan dengan baik. Seperti rampcheck, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan dan meningkatkan SDM.

“Hal itu merupakan upaya yang baik dan Insya Allah kita bisa mengawal itu,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (7/4).

Sementara, Menko PMK Muhadjir Effendy menegaskan, pelonggaran kebijakan pemerintah terkait perizinan mudik ditengah pandemi yang masih berlangsung sebaiknya dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Pihaknya juga mengusulkan pada tahun ini bisa diselenggarakan mudik gratis dengan kereta api. Tujuannya, untuk mengurangi kepadatan mudik menggunakan kereta api.

Bahkan, pihaknya mengusulkan agar disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan. Sehingga mereka yang akan mudik dengan sepeda motor bisa diangkut dengan kereta api. Nanti motornya bisa digunakan kembali setelah sampai di tempat tujuan.

“Sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara sepeda motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor,” tuturnya.

Terkait usulan mudik gratis, Menhub Budi mengungkapkan akan menyelenggarakan program mudik gratis tidak hanya dengan kereta api, tapi juga dengan bus (untuk penumpang) dan truk (untuk mengangkut sepeda motor).

“Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpangnya gratis, dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga,” pungkasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles