Diserang Hama Kresek, Puluhan Padi Terancam Gagal Panen

Semprot-Petugas saat melakukan penyemprotan pestisida Nordox terhadap tanaman padi. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST. com – Puluhan hektar tanaman padi di Kabupaten Karangasem  diserang penyakit kresek. Atas kondisi itu, tanaman padi terancam mengalami gagal panen.

Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah dihubungi Jumat (3/3), mengungkapkan, dari data yang diperoleh, total ada sekitar 25 hektaran tanaman padi yang ada di wilayah Subak Selat terserang penyakit kresek. Selain itu ada juga yang terserang hama tikus sekitar 10 hektaran.

“Tanaman padi yang diserang hama kresek ini ciri-cirinya timbul bercak pada daun padi hingga menguning dan kering seperti terbakar. Untuk tanaman padi yang terserang hama Kresek rata-rata berumur 8 mingguan. Munculnya penyakit ini diduga karena pengaruh curah hujan yang tinggi yang melanda belakangan ini,” ujarnya.

Siki Ngurah, mengatakan, dengan adanya temuan hama itu,  pihaknya langsung turun melakukan langkah antisipasi melakukan pengendalian berupa pemberian bantuan obat Nordox untuk disemprotkan ke tanaman padi yang diserang penyakit tersebut.

“Kita lakukan pengendalian dengan penyemprotan pestisida Nordox. Dan untuk mengantisipasi semakin meluasnya penyakit ini, kita menghimbau petani agar melakukan pemeliharaan, pemupukan, pengeringan, dan penyemprotan pestisida ke tanaman padi,” jelasnya. (Eka Prananda/Balipost)

Credit: Source link