Dokumen Rahasia Ungkap Kekejian China di Xinjiang

by

in
Dokumen Rahasia Ungkap Kekejian China di Xinjiang

Bendera kebangsaan China berkibar di sekitar kontainer (Foto: Reuters)

Beijing, Jurnas.com – Sekumpulan dokumen pemerintah China yang bocor mengungkap tindakan keras Beijing terhadap warga Uighur dan Muslim lainnya, di wilayah Xinjiang di bawah Presiden Xi Jinping.

Demikian laporan New York Times pada Sabtu (Minggu waktu setempat) yang merujuk pada dokumen berjumlah 403 halaman.

Para pakar dan aktivis Perserikatan Bangsa-Bangsa sebelumnya mengatakan setidaknya 1 juta warga Uighur, dan anggota kelompok minoritas Muslim lainnya, telah ditahan di kamp-kamp di Xinjiang. Kebijakan itu menuai kecaman dari Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain.

Dokumen-dokumen itu, yang konon dibocorkan oleh politisi China, menunjukkan bagaimana Xi menyampaikan serangkaian pidato internal kepada para pejabat, selama dan setelah kunjungan 2014 ke Xinjiang, pasca penikaman gerilyawan Uighur di sebuah stasiun kereta api yang menewaskan 31 orang.

Laporan itu mengatakan Xi menyerukan “perjuangan habis-habisan melawan terorisme, infiltrasi, dan separatisme dengan cara diktator, dan sama sekali tidak ada ampun.

Baca juga.. :

Dokumen-dokumen itu juga menunjukkan bahwa ketakutan kepemimpinan China semakin meningkat oleh serangan teroris di negara-negara lain, dan penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Sementara Beijing berulang kali membantah melakukan penganiayaan terhadap warga Uighur di Xinjiang, dengan mengatakan pihaknya memberikan pelatihan vokasi untuk membantu memberantas ekstremisme dan separatisme Islam, serta mengajarkan keterampilan baru.

Dokumen-dokumen tersebut juga mengungkapkan bagaimana para pejabat diberi poin pembicaraan untuk menjelaskan kepada mahasiswa yang kembali, bahwa anggota keluarga mereka telah dibawa pergi untuk pelatihan, dan bagaimana program menghadapi tekanan balik dari beberapa pejabat setempat.

Mereka juga menunjukkan bahwa kamp-kamp interniran berkembang dengan cepat setelah Chen Quanguo diangkat pada Agustus 2016 sebagai bos partai di wilayah itu.

TAGS : China Muslim Uighur Xinjiang Dokumen Rahasia

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/62555/Dokumen-Rahasia-Ungkap-Kekejian-China-di-Xinjiang/