DPR Diminta Bentuk Tim Penilai Kinerja BUMN

by

in
DPR Diminta Bentuk Tim Penilai Kinerja BUMN

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai NasDem, Muhammad Rapsel Ali. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com – Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai NasDem, Muhammad Rapsel Ali mengusulkan kepada DPR agar bisa segera membentuk Tim Penilai Kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menurutnya, Tim Penilai Kinerja BUMN ini akan bekerja untuk mengoreksi dan mengevaluasi kinerja, produktivitas, hingga kegagalan dalam pengelolaan BUMN.

Pengelolaan BUMN yang diharapkan menjadi lokomotif pembangunan untuk peningkatkan kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa masih belum maksimal. Gonjang-ganjing terkait banyaknya permasalahan yang terjadi di BUMN masih menjadi isu hangat hingga hari ini.

“Kalau dalam pemilihan jajaran direksi maupun komisaris BUMN ada Tim Penilai Akhir yang dipimpin presiden dan wakil presiden, maka untuk menjalankan fungsi pengawasan DPR, saya mengusulkan pembentukan Tim Penilai DPR,” kata Rapsel Ali, Sabtu (27/6).

Legislator asal daerah pemilih Sulawesi Selatan 1 tersebut menjelaskan, Tim Penilai DPR ini beranggotakan legislator Senayan, khususnya Komisi VI DPR RI.

Baca juga.. :

Nantinya, kata Repsel Ali, Tim Penilai ini akan memberikan penilaian untuk jabatan dirut maupun komisaris utama di seluruh perusahaan BUMN.

“Tufoksi Tim Penilai ini adalah memberi scoring untuk jabatan dirut maupun komisaris utama di seluruh perusahaan BUMN setiap tiga bulan. Mereka akan menilai apakah kehadiran sosok tersebut justru mendowngrade maupun mereduksi kesolidan organisasi perusahaan atau tidak,” jelasnya.

Bagi Rapsel, kehadiran Tim Penilai dari DPR ini sangat urgen dan diperlukan saat ini di tengah banyaknya masalah serta kritik pada BUMN. “Hal ini sangat penting karena terkait dengan produktivitas maupun kinerja perusahaan-perusahaan BUMN,” tegasnya.

Pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Indonesia (Aspeksindo) ini mengklaim, dirinya sangat yakin, kehadiran Tim Penilai Kinerja BUMN akan membuat produktivitas dan profitabilitas akan membaik. “Saya percaya itu,” tegasnya.

Legislator asal Selayar itu menjelaskan bahwa pembentukan Tim Penilai Kinerja BUMN ini semata-mata untuk menyehatkan seluruh perusahaan pelat merah di negeri ini.

Ia menyatakan berani menggaransi bahwa Tim Penilai Kinerja BUMN ini nantinya akan menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. “Tim penilai ini kami jamin profesional dalam melaksanakan tugasnya. Tidak perlu dicurigai ada muatan politis atau dan lain sebagainya,” katanya

“Kami hanya ingin melihat perusahaan BUMN bisa tumbuh dan berkembang lebih sehat dengan produktivitas tinggi dalam memberi konstribusi pendapatan kepada negara. Tim ini akan bekerja memberi penilaian secara obyektif dan terukur,” tambahnya.

TAGS : Tim Penilai Kinerja BUMN Komisi VI Partai NasDem Muhammad Rapsel Ali

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74478/DPR-Diminta-Bentuk-Tim-Penilai-Kinerja-BUMN/