Dua Hari Jalani Perawatan di Selangor, Ketua Dewan Pers Meninggal

Azyumardi Azra. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra meninggal dunia, Minggu (19/9) di RS Serdang, Selangor, Malaysia. Almarhum menghembuskan nafas terakhir pada pukul 12.30 waktu setempat.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Prof Azyumardi meninggal dunia. Posisi di Serdang Hospital,” kata Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar, di Kuala Lumpur, Minggu.

Sebelumnya Azyumardi sempat menjalani perawatan selama dua hari di RS itu sejak Jumat (17/9) sore. Dikutip dari Kantor Berita Antara, almarhum pada Sabtu (18/9) mendapat perawatan intensif di Coronary Care Unit (CCU).

Berdasarkan keterangan pihak rumah sakit, Profesor Azyumardi telah dipindahkan dari ruang zona merah di Departemen Trauma dan Gawat Darurat ke CCU rumah sakit tersebut untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Beliau ditidurkan. Untuk kondisinya diharapkan lebih stabil,” kata Yoshi.

Keluarga Profesor Azyumardi sudah tiba di Kuala Lumpur pada Sabtu sore, langsung menuju rumah sakit. Cendekiawan Muslim Indonesia tersebut sempat mengalami sesak nafas dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur pada Jumat.

Almarhum hendak menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk hadir dalam Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Azyumardi terpilih sebagai Ketua Dewan Pers pada 18 Mei 2022. Ia merupakan Ketua Dewan Pers yang menggantikan Muhammad Nuh dan sedianya akan menjabat hingga 2025. (kmb/balipost)

Credit: Source link