Dua Pengembang PLTS Global Bangun Proyek Rp 71,8 Triliun di Indonesia

JawaPos.com – Dua perusahaan pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berskala dunia, yakni Quantum Power Asia dan ib vogt bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melakukan kerja sama terkait rencana pembangunan fasilitas terbesar di Indonesia.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan, megaproyek pembangunan PLTS tersebut senilai Rp 71,8 triliun atau lebih dari USD 5 miliar. Kolaborasi tersebut, selain berdampak positif di bidang ekonomi, juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait transisi energi.

“Sebagai salah satu lokasi PLTS terbesar di dunia, kami di Kepulauan Riau menyambut baik langkah ini. Saya berharap PLTS ini akan menghadirkan solusi kebutuhan energi bersih masa depan sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (19/4).

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo berharap kerjasama tersebut dapat mewujudkan energi terbarukan. Sebab, pemerintah Indonesia sendiri telah memutuskan untuk mengurangi emisi gas sekitar 21 persen.

Adanya kerja sama dengan negara lain, diharapkan Indonesia dapat berkontribusi lebih untuk mengurangi emisi gas hingga 41 persen. “Semoga implementasi MoU ini akan menghasilkan manfaat positif yang berkelanjutan bagi kedua negara,” tuturnya.

Adapun, Managing Director dan CEO Quantum Power Asia Simon G. Bell mengatakan, proyek PLTS ini akan mencakup pembangunan lebih dari 3,5 GW Solar PV dan lebih dari 12 GWh penyimpanan baterai di Provinsi Kepulauan Riau.

“Setelah kami ditunjuk menjadi importir listrik Singapura, kami akan membawa investasi lebih dari Rp 71,8 triliun atau setara USD 5 miliar. Proyek ini akan menciptakan sekitar 30.000 pekerjaan dan membangun sistem penyimpanan PV terbesar secara global yang pernah dibangun hingga saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Managing Director dan CEO ib vogt, Anton Milner menambahkan, inisiatif impor energi oleh Singapura dan Indonesia merupakan proyek penting secara global yang akan menjadi katalisator bagi transformasi kawasan menuju energi bersih dan bebas karbon.

“Berdasarkan pekerjaan yang dilakukan bersama dengan Quantum Power Asia dan Union Energy, kami yakin rencana proyek kami sangat menarik untuk menciptakan program investasi jangka panjang yang berkelanjutan, baik untuk Singapura dan Indonesia,” sebutnya.


Credit: Source link