Dubes Rusia Sebut Kehadiran Putin di KTT G20 di Bali Belum Dipastikan

Presiden Rusia Vladimir Putin. (BP/Dokumen Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kehadiran Presiden Vladimir Putin di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November mendatang belum dapat dipastikan. Hal ini diutarakan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva, Rabu (8/6).

Ia mengungkapkan, pihaknya belum dapat memastikan apakah Presiden Vladimir Putin akan hadir secara luring atau daring. Dikutip dari Kantor Berita Antara, ia mengatakan ada banyak faktor dan situasi yang akan mempengaruhi kehadiran sang presiden.

“Kami masih punya waktu memikirkan itu dan masih menunggu perkembangan,” kata dia.

Menurut Presiden Joko Widodo, saat melakukan pembicaraan via telepon dengan dirinya pada Kamis (28/4), Putin menyatakan akan hadir dalam KTT G20. Jokowi mengatakan pemimpin Rusia itu mengucapkan terima kasih atas undangan untuk menghadiri KTT G20.

G20 merepresentasikan kekuatan ekonomi dan politik dunia karena 20 negara dan kawasan yang menjadi anggotanya menyumbang 85 persen produk domestik bruto (PDB) dunia dan 75 persen perdagangan internasional serta mewakili dua pertiga populasi dunia.

Anggota-anggota G20 adalah Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. (kmb/balipost)

Credit: Source link