Ducati tarik Panigale V2 2020-2023 akibat permasalahan lampu depan

Ducati tarik Panigale V2 2020-2023 akibat permasalahan lampu depan
Jakarta (ANTARA) – Ducati Amerika Utara mengeluarkan menarik pada semua Panigale V2 keluaran 2020 hingga 2023 karena kesalahan perangkat lunak yang dapat mengaktifkan lampu siang hari posisi lampu (DRL) saat berkendara di malam hari sehingga dapat menyebabkan resiko kecelakaan bagi penggunanya.

Menurut Ducati Amerika Utara, seperti diberitakan Ride Apart, Senin (10/7), sekitar 3.315 sepeda motor diyakini terlibat, yang mewakili sekitar lima persen dari populasi yang ada. Sepeda motor yang terpengaruh diproduksi antara 4 Desember 2019 dan 23 Mei 2023 sementara nomor identifikasi kendaraan atau VIN yang terpengaruh berkisar dari ZDMHAATW0LB000230 hingga ZDMHAATWXPB012777 dan tidak berurutan.

Pada Februari 2023, beberapa pemilik mengeluhkan adanya malfungsi pada bagian sakelar lampu otomatis panel instrumen di beberapa Panigale V2.

Menurut kronologi masalah yang dilaporkan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA), keluhan itu terjadi di banyak pasar di seluruh dunia, termasuk China, Spanyol, Jepang, AS, dan Inggris.

Dalam keluhan tetsebut, pengguna Ducati mencatat bahwa saat pengaturan lampu latar untuk panel instrumen disetel ke mode Otomatis, kadang-kadang akan berubah ke mode siang hari ketika digunakan pada malam hari tanpa alasan.

Baca juga: Motor replika Ducati Panigale V4 2022 Wolrd Champion habis terjual

Setelah menganalisis keluhan, Ducati memulai penyelidikan internal dan menemukan kesalahan dalam kalibrasi perangkat lunak fotodioda dasbor. Fotodioda yang dimaksud juga mengontrol lampu latar dasbor, selain DRL.

Karena fotodioda yang dimaksud juga mengontrol warna lampu latar dasbor, fitur itu juga berfungsi sebagai peringatan bagi pengendara bahwa situasi ini mungkin terjadi pada Panigale V2 mereka.

Untuk meninggalkan resiko kecelakaan, Ducati menyarankan untuk mengubahnya ke dalam penyetelan manual melalui switchgear yang berada di bagian stang kiri sehingga pengguna dapat memastikan lampu kendaraan menyala dengan benar untuk melihat jalan (dan terlihat di lalu lintas) pada malam hari, sampai mereka dapat mengunjungi dealer resmi Ducati terdekat.

Ducati Amerika Utara memberi tahu dealer tentang penarikan ini antara 30 Mei 2023 dan 6 Juni 2023. Ducati mengirimkan pemberitahuan kepada pemilik terdaftar Panigale V2 yang terkena dampak antara 20 Juni 2023 dan 27 Juni 2023.

Baca juga: Ducati buka diler baru dan bawa dua varian baru untuk pasar Indonesia

Baca juga: LiveWire S2 Del Mar siap sapa warga Eropa mulai pekan ini

 

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles