Dukungan Hino di Cipta Kerja hasilkan SDM unggul untuk industri

Dukungan Hino di Cipta Kerja hasilkan SDM unggul untuk industri

Jakarta (ANTARA) – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menggelar seminar yang bertajuk “Hino Indonesia Academy Berkontribusi untuk Program Pelatihan di Ekosistem Prakerja” guna meningkatkan SDM yang unggul dalam industri komersial.

COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan bahwa Pelatihan ang diselenggarakan oleh Hino Indonesia Academy di Program Ekosistem Prakerja ini akan dapat meningkatkan kualitas SDM di sektor transportasi yang nantinya berguna membangun kesadaran berkendara secara aman dan nyaman.

“Pelatihan ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pengangguran dengan memberikan kesempatan bagi individu untuk memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam industri yang berkembang pesat ini. Selain itu, dengan memiliki pengemudi yang terlatih dengan baik, diharapkan tingkat kecelakaan dan risiko dalam transportasi dapat ditekan, menjadikan transportasi di Indonesia lebih aman dan nyaman bagi semua pihak,” kata Santiko Wardoyo dalam keterangan resminya, Jumat.

Baca juga: Hino resmi sederhanakan nama-nama produknya

Kegiatan yang dijalankan oleh Hino di Indonesia, menurut Asisten Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Saleh sejalan dengan apa yang dicita-citakan dari kegiatan Cipta kerja.

“Partisipasi Hino Indonesia ini, sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Bapak Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, selaku Ketua Komite Cipta Kerja, agar industri-industri besar sebagai mitra strategis dapat masuk menjadi penyedia pelatihan pelatihan berkualitas dalam ekosistem Kartu Prakerja,” jelas dia.

Menurut dia, Hino juga menawarkan pembelajaran yang memang sedang banyak dibutuhkan oleh para pencari pekerjaan saat ini. Hino hadir dengan dua jenis pelatihan yang bisa dipilih yakni pelatihan berkendara bus dan juga pelatihan berkendara untuk jenis truk.

“Hino hadir dengan dua jenis pelatihan yang memang dibutuhkan dan sejalan dengan kebutuhan pasar kerja yaitu pelatihan mengemudi kendaraan besar truk dan pelatihan mengemudi kendaraan besar bus,” kata Chairul.

“Kedepan, diharapkan Hino dapat terus mengembangkan serta memperluas cakupan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan” tambah dia.

Saat ini, Hino Indonesia Academy yang merupakan lembaga pelatihan resmi dari HMSI memang diminta untuk bisa berkontribusi dalam mendukung Program Ekosistem Prakerja melalui penyelenggaraan pelatihan mengemudi truk dan bus.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor transportasi serta berperan dalam mengentaskan pengangguran dan mewujudkan transportasi yang lebih aman di Indonesia.

Hino Indonesia Academy telah aktif berpartisipasi dalam mendukung Program Ekosistem Prakerja yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian yang ditetapkan oleh SK Nomor 43 Tahun 2023 Tentang Penetapan Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja.

Melalui program ini, Hino Indonesia Academy menyelenggarakan pelatihan mengemudi truk dan bus yang tidak hanya memberikan keterampilan praktis kepada peserta, tetapi juga membantu mereka memperoleh pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di industri transportasi.

Baca juga: Hino hadirkan dua kendaraan baru di GIIAS 2023

Baca juga: Pertamina Patra Niaga gandeng Hino dalam pemeliharaan mobil tangki

Baca juga: Hino jadi perusahaan truk pertama yang raih Sertifikasi TKDN

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles