Empat Vokalis Bikin Istimewa Konser Dewa 19 di Jogjakarta

JawaPos.com – Grup band Dewa 19 tampil spesial di Jogjakarta. Dalam rangkaian konser bertajuk Legends Never Die Sabtu (6/8) di kawasan Candi Prambanan, Dewa 19 menghadirkan empat vokalis dan dua drumer. Empat vokalis tersebut adalah Ari Lasso, Elfonda ”Once” Mekel, Di Muhammad Devirzha ”Virzha”, dan Marcelo ”Ello” Tahitoe. Lalu, ada dua drumer. Yakni, Wistyo ”Tyo” Nugros dan Agung ”Gimbal” Yudha Asmara.

Nah, dalam konsernya kemarin, Dewa 19 membawakan 35 lagu dengan durasi waktu sekitar tiga jam. Dan, ribuan penonton yang hadir betul-betul menikmati setiap lagu dan mengekspresikannya dengan bernyanyi bersama.

Lagu Restoe Bumi menjadi pembuka konser Dewa 19 di Kota Pelajar kemarin. Lagu yang dinyanyikan secara duet oleh Virzha dan Ello itu langsung membuat histeris Baladewa –sebutan fans Dewa 19– yang datang.

”Prambanan, suaranya mana?” teriak Virzha di sela-sela lagu Restoe Bumi yang kemudian disahut teriakan ribuan penonton.

Setelah lagu Restoe Bumi, dilanjutkan lagu Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi dan Still I’m Sure We’ll Love Again. ”Lagu ini (Still I’m Sure We’ll Love Again, Red) saya ciptakan pada 1993. Umur saya saat itu 21 tahun. Diciptakan almarhum Erwin Prasetya (basis Dewa 19). Dia bikin nada, saya nulis liriknya dalam bahasa Inggris,” ungkap kibordis dan vokalis Dewa 19 Ahmad Dhani. ”Lagu ini (Still I’m Sure We’ll Love Again) masuk album kedua yang dirilis pada 1994. Jadi, kita kembali ke 28 tahun lalu,” lanjut Dhani.

Di lagu Bayang-Bayang yang merupakan lagu kedelapan konser di Jogjakarta, Dhani kembali menceritakan inspirasi lagu yang dirilis pada Oktober 1992 tersebut. Dhani menyebut mantan istrinya, Maia Estianty, sebagai sosok di balik makna lagu itu.

”Lirik Bayang-Bayang berdasar pengalaman pribadi. Waktu itu ceritanya ngerayu ibunya Al, El, dan Dul,” jelas Dhani.

Sampai pukul 21.31, Virzha, Ello, dan Once secara bergiliran menghibur Baladewa. Vokalis keempat, Ari Lasso, pun akhirnya muncul.

Dhani memainkan intro piano yang terkenal dari Cinta ’Kan Membawamu Kembali untuk memanggil Ari ke panggung. ”Terima kasih sudah mencintai saya apa adanya,” kata Ari di akhir lagu.

Setelah Cinta ’Kan Membawamu Kembali, Ari menyanyikan empat lagu lagi. Yaitu, Elang, Aku di Sini untukmu, Kirana, dan Kangen.

Sebagai lagu penutup konser Dewa 19 di Jogja, Dewa 19 melantunkan Separuh Nafas. Gerimis yang turun saat Separuh Nafas didendangkan tak lantas membuat penonton berhenti berjingkrak atau mencari perlindungan. ”Dari hati yang terdalam, terima kasih untuk semua Baladewa yang datang ke sini,” tutur Ari.

Di sisi lain, dari pantauan Jawa Pos Radar Jogja di lokasi konser, mayoritas penonton yang datang mengenakan baju hitam. Suami istri Taufik, 37, dan Risa, 36, Baladewa yang diwawancarai, datang langsung dari Bogor. Selain menyukai Dewa 19, mereka penasaran dengan venue Prambanan sebagai lokasi konser.

”Baru sampai tadi pagi naik kereta dari Bogor. Kami suka sejak zaman masih galau. Suka semua lagu yang dibawakan. Setiap generasi berbeda taste, tapi tetap enak. Apalagi di Prambanan ini kan romantis,” ucap Taufik, lalu tertawa riang.


Credit: Source link