Eropa Menjual Sisa-sisa kesepakatan Iran untuk Menenangkan Trump

by

in
Eropa Menjual Sisa-sisa kesepakatan Iran untuk Menenangkan Trump

Menteri Luar negeri Iran Mohammad Javad Zarif

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif mengatakan para penandatangan Eropa untuk perjanjian nuklir tahun 2015 – Perancis, Inggris dan Jerman – memilih untuk tunduk pada penindasan Amerika dan menjual “sisa-sisa” perjanjian multilateral hanya untuk menenangkan Amerika Serikat dan menghindari sanksi.

Zarif membuat pernyataan dalam tweet pada Kamis setelah The Washington Post melaporkan bahwa pemerintahan Presiden AS Donald Trump telah mengancam untuk mengenakan tarif 25 persen pada impor mobil Eropa jika trio, yang dikenal sebagai EU3 atau E3, menolak untuk secara resmi menuduh Iran melanggar Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Dilansir Presstv, laporan itu diterbitkan tak lama setelah trio Eropa itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama pada Selasa bahwa mereka telah memicu mekanisme perselisihan JCPOA, yang mekanismenya merupakan tuduhan resmi bahwa Teheran telah melanggar ketentuan perjanjian.

Langkah Eropa dapat mengarah pada pemulihan sanksi PBB anti-Iran, yang telah dicabut oleh JCPOA.

“E3 menjual sisa-sisa #JCPOA untuk menghindari tarif Trump yang baru. Itu tidak akan berhasil teman-teman. Anda hanya membangkitkan nafsu makannya, Ingat pengganggu sekolah menengah Anda?” tulis Zarif.

Baca juga.. :

“Jika Anda ingin menjual integritas Anda, silakan. Tapi JANGAN menganggap dasar moral / hukum yang tinggi. ANDA TIDAK PUNYA.”

Zarif juga mengkritik partai-partai Eropa ke JCPOA karena menyerah kepada penindasan AS pada Rabu, dengan mengatakan, “Sangat menyedihkan bahwa ekonomi terbesar telah membiarkan dirinya diganggu untuk melanggar kewajibannya sendiri. Masa depan JCPOA tergantung pada E3, bukan Iran. “

Ia juga membahas Dialog Raisina 2020 di ibukota India, New Delhi, Zarif menekankan bahwa Iranlah yang pertama kali memicu mekanisme perselisihan JCPOA pada 10 Mei 2018, dua hari setelah AS menarik diri dari perjanjian tersebut.

JCPOA ditandatangani antara Iran dan enam negara dunia yaitu AS, Jerman, Prancis, Inggris, Rusia dan China pada tahun 2015. Itu juga diratifikasi dalam bentuk resolusi Dewan Keamanan PBB.

Namun, keluarnya Washington dan pengenaan kembali sanksi terhadap Teheran meninggalkan masa depan kesepakatan bersejarah di limbo.

Teheran tetap sepenuhnya mematuhi JCPOA selama satu tahun penuh, menunggu penandatangan bersama untuk memenuhi akhir dari tawar-menawar mereka dengan mengimbangi dampak larangan Washington terhadap ekonomi Iran.

Ketika partai-partai Eropa gagal melakukannya, Teheran pindah pada Mei 2019 untuk menunda komitmen JCPOA dalam tahap 60 hari di bawah Pasal 26 dan 36 dari kesepakatan yang mencakup hak-hak hukum Teheran.

Iran mengambil langkah pengurangan komitmen kelima dan terakhirnya awal bulan ini.

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Menlu Iran Kesepakatan Nuklir Negara Eropa

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65803/Eropa-Menjual-Sisa-sisa-kesepakatan-Iran-untuk-Menenangkan-Trump/