Fashion dan Tekstil Berbahan Kapas Lebih Favorit, Ini 5 Keunggulannya

JawaPos.com – Salah satu kunci pakaian agar nyaman dipakai adalah dengan memilih bahannya. Bahan pakaian dari serat kapas dinilai lebih adem dan nyaman untuk tubuh. Selain bisa menyerap keringat dengan mudah, serat kapas juga nyaman dipakai.

Menurut National Cotton Council of America, kapas adalah produk alami dan memiliki banyak keunggulan. Bahan fashion dari serat kapas mampu untuk mengontrol kelembaban, mengisolasi, memberikan kenyamanan dan juga hypoallergenic, tahan cuaca dan merupakan kain yang awet.

Cotton Council International (CCI) Indonesia, asosiasi perdagangan nirlaba yang mempromosikan serat kapas Amerika Serikat (AS) dan produk kapas manufaktur di seluruh dunia dengan merekan dagang COTTON USA, mendorong transformasi industri tekstil tanah air.

Perwakilan CCI di Indonesia Anh Dung (Andy) Do menjelaskan saat ini, semakin banyak perusahaan-perusahaan besar global mulai tertarik dengan apa disebut Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dan bagaimana mereka dapat berkontribusi. Tujuannya untuk mendorong pelaku bisnis di industri tekstil, guna melakukan transformasi industri dengan mengadaptasi tuntutan konsumen terkait produk tekstil atau sustainable fashion.

“Fashion dari serat kapas memiliki banyak keunggulan. Maka pentingnya kapas berkualitas tinggi yang sudah digunakan sebagai material dasar pembuatan bahan dari berbagai merek fashion internasional di dunia, termasuk di Indonesia,” kata Andy Do dalam webinar, Kamis (23/9).

Di AS, untuk memilih kapas berkualitas, negara maju itu sudah menerapkan protokol. US Cotton Trust Protocol adalah program industri kapas AS yang menetapkan standar baru untuk kapas yang ditanam secara berkelanjutan. Program ini membawa tujuan dan pengukuran yang dapat diukur dan diverifikasi untuk produksi kapas berkelanjutan dan mendorong peningkatan dalam metrik keberlanjutan utama. Industri tekstil berbahan serat kapas tak hanya untuk produsen, penjual grosir, perusahaan pemasokan, merek, dan atau penjual ritel, garmen, produk tekstil rumah, dan non-tenun.

Lalu apa saja sih keunggulan fashion berbahan serat kapas?

1. Tubuh Mudah Bernapas

Kain katun dari serat kapas membuat tubuh lebih mudah bernapas dan mentransmisikan kelembaban dari tubuh. Sehingga lebih menyerap keringat contohnya seperti handuk.

2. Kulit Lebih Nyaman

Editor : Kuswandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link