Fashion Indonesia Mendunia, Desainer Lokal Pamer Koleksi di Istanbul

JawaPos.com – Indonesia berusaha menjadi salah satu pusat modest fashion dunia. Para desainer mencoba untuk go international agar label lokal makin diakui. Kali ini Istanbul, Turki, menjadi salah satu tujuan perhelatan fashion show bagi para desainer Indonesia.

#Markamarie sebagai salah satu penggerak industri modest fashion menggelar Modest Fashion Day di Kazan, Tatarstan bulan April lalu, kini menggelar event Together Summit: The Royal Experience di Istanbul- Turki. Terdapat 22 desainer lokal dari Indonesia dan Turki memamerkan koleksi dengan konsep modest fashion yanh elegan.

Di tahun 2022 ini, #Markamarie memberanikan diri menggelar event secara offline di dua kota sekaligus yakni Istanbul dan Paris. Pemilihan konsep Royal Experience yang identik dengan visual yang mewah ini bertujuan untuk meningkatkan gairah industri modest fashion. Konsep baru yang segar ini memfokuskan diri pada branding dan networking antar pemain modest fashion.

“Kalimat Royal Experience identik dengan sesuatu yang indah, dasar event ini adalah kolaborasi yang merupakan sesuatu yang indah. Kami juga berharap masa depan industri ini juga indah, baik- sehingga industri modest fashion ini bisa bertahan hingga masa nanti. Tidak hanya tren semata,” ujar co-founder #Markamarie yang juga modest fashion expert Franka Soeria kepada wartawan baru-baru ini.

Brand yang ikut serta antara lain Jawhara Syari, Maisyara, Qnanz, Restu Pratiwi, Sarkis, Qaireena Hijab, PJ by Pipik Juliana, Mustbe Hijab, Mauza, Jawhara, Ready To Wear, Khazzanah x Sahla, Ar Rafi Premium, Aurakay Syari, Elin Merlin, Joza, Kaluna by Ika Rafika, Kayunie Premium, Khanza Maryam, MasnuAsrt Bride by Pinar Pehlivan (Turki), Al Tatari (Turki) and FIDDA (Turki). Event ini menghadirkan banyak nama baru dari Indonesia, yang semuanya telah melalui proses kurasi dan juga pendampingan.

“Kami ingin membuka akses yang lebih setara buat semua pihak. Banyak brand ingin mendapatkan kesempatan untuk bisa tampil di luar negeri dan bersanding dengan brand luar negeri,” ujar Franka.

Istanbul Kiblat Modest

Kota Istanbul dipilih karena perannya yang penting di industri modest fashion dunia, menghubungkan benua Asia dan Eropa, dan juga dikenal sebagai salah satu pemasok terbesar produk modest fashion di dunia. Sementara Indonesia adalah salah satu market terbesar dan juga dikenal dengan kreativitas.

“Kolaborasi Indonesia dan Turki diharapkan dapat memperkuat hubungan dua negara, bersuara bersama demi masa depan modest fashion yang lebih baik,” tegasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link