Fiat Chrysler dan Engie EPS dirikan usaha patungan e-mobilitas

Jakarta (ANTARA) – Fiat Chrysler bersama dengan Engie EPS, sebuah perusahaan yang berfokus pada sistem penyimpanan energi dan microgrid, berencana untuk mendirikan usaha patungan untuk meningkatkan mobilitas listrik dari kedua perusahaan tersebut.

“Fiat Chrysler dan Engie EPS yang berbasis di Italia, telah menandatangani nota kesepahaman yang bertujuan untuk mendirikan usaha patungan pada kuartal pertama di tahun 2021,” kata mereka dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters, Jumat.

Usaha baru ini akan menawarkan rangkaian lengkap mulai dari produk hingga solusi, termasuk perumahan, bisnis dan infrastruktur pengisian daya publik serta paket energi hijau untuk pelanggan kendaraan listrik di seluruh Eropa.

Fiat Chrysler (FCA) meluncurkan setidaknya 500 mobil listrik berukuran kecil dan beberapa model hybrid dari Fiat, Jeep dan Maserati tahun ini dalam upaya untuk mengejar saingan dalam perlombaan mobilitas ramah lingkungan.

Dalam rencana lima tahun berjalan hingga akhir 2022, FCA berjanji untuk menginvestasikan sekitar 9 miliar euro yang akan digunakan untuk membangun kendaraan elektrifikasi dari total 45 miliar euro, dan meluncurkan sekitar 30 model listrik, baik yang sepenuhnya listrik atau hibrida.

Tahun lalu, produsen mobil Italia-Amerika itu menandatangani perjanjian dengan Engie dan utilitas Italia Enel untuk membantu menawarkan poin pengisian kepada pelanggan untuk kendaraan listrik mereka.

“Usaha patungan yang dibayangkan akan memungkinkan komitmen yang lebih tinggi dari kedua belah pihak untuk memperluas cakupan kerja sama yang ada dan mengembangkan lebih lanjut produk dan layanan inovatif untuk memungkinkan dan mendukung peralihan mulus ke mobilitas listrik di Eropa,” kata Kepala Eksekutif FCA Mike Manley.

Baca juga: FCA mulai jual Dodge Durango SRT Hellcat 2021 hari ini

Baca juga: Merger Fiat – Peugeot selesai kuartal satu 2021

Baca juga: Fiat Ram akan hadir dalam versi elektrik

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020

Credit: Source link