Ford ubah pabrik Ontario untuk produksi kendaraan listrik tahun depan

Ford ubah pabrik Ontario untuk produksi kendaraan listrik tahun depan
Jakarta (ANTARA) – Ford Motor Co mengumumkan bahwa pada tahun depan mereka akan mulai mengubah pabrik perakitan kendaraan SUV mereka di Oakville, Ontario, untuk memproduksi kendaraan listrik, sesuai dengan janji yang dibuat kepada serikat pekerja Unifor Kanada selama perundingan kontrak pada tahun 2020.

Ford berencana untuk memulai perombakan kompleks Oakville pada kuartal kedua tahun 2024, dengan menghentikan sebagian besar pekerja produksi pabrik sampai sistem perakitan kendaraan listrik baru beroperasi pada akhir tahun 2024, kata pejabat perusahaan dalam panggilan konferensi, Selasa.

Sebagai bagian dari perombakan senilai CAD 1,8 miliar (1,34 miliar dollar AS), kompleks yang sudah berusia 70 tahun itu akan dilengkapi dengan operasi perakitan baterai baru, kata Direktur Operasi Manufaktur Ford untuk kendaraan listrik Dave Nowicki kepada Reuters dilaporkan Selasa (11/4) waktu setempat.

Para pejabat Ford menolak untuk mengatakan apakah pabrik tersebut akan merakit lima model kendaraan listrik, sesuai yang disepakati dengan Unifor selama perundingan kontrak tahun 2020.

Baca juga: Ford luncurkan unit sistem mengemudi otomatis baru bernama Latitude AI

Ukuran, waktu, dan lokasi investasi produksi kendaraan listrik oleh Ford, General Motors Co, dan Stellantis NV akan menjadi isu sentral dalam perundingan kontrak tahun ini dengan serikat pekerja di kedua sisi perbatasan AS-Kanada.

Baik Unifor maupun Serikat Pekerja Otomotif Amerika Serikat ingin para produsen otomotif Detroit berkomitmen untuk mempertahankan lapangan kerja saat mereka beralih dari kendaraan berbahan bakar konvensional ke kendaraan listrik.

Saat ini, pabrik Oakville memproduksi SUV Ford Edge dan Lincoln Nautilus dengan mesin pembakaran internal. Perombakan pabrik ini merupakan bagian dari program investasi senilai 50 miliar dollar AS hingga tahun 2026.

CEO Ford, Jim Farley, telah mengatakan bahwa Ford akan memiliki kemampuan untuk merakit 2 juta kendaraan listrik secara global pada tahun 2026.

Para pejabat Ford mengatakan Oakville akan memproduksi generasi berikutnya kendaraan listrik Ford, yang para eksekutif Ford telah menyebutkan harus lebih efisien, lebih mudah dirakit, dan lebih kompetitif dengan kendaraan Tesla Inc yang saat ini memimpin penjualan kendaraan listrik di pasar Amerika Utara.

Sel baterai untuk kendaraan listrik yang diproduksi di Oakville akan berasal dari pabrik yang Ford dan mitra baterainya, SK On, sedang bangun di Kentucky, kata Nowicki.

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah baterai-baterai tersebut akan memenuhi persyaratan konten domestik untuk memenuhi syarat subsidi pembelian berdasarkan Undang-Undang Pengurangan Inflasi AS. 

Baca juga: Lima perusahaan di Korsel tarik ribuan kendaraan karena komponen cacat

Baca juga: Ford, Vale Indonesia, dan Zhenjiang kolaborasi olah nikel untuk EV

Baca juga: Pabrik baru Ford targetkan produksi 500.000 truk listrik per tahun

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles