Gagal Dapat Kuota Haji 2021, Menag Bakal Terbang ke Arab Bahas 2022

by

in

JawaPos.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada akhir Agustus mendatang berencana bertolak ke Arab Saudi. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan haji 2022 lebih awal.

“Kami akan segera ke sana setelah mendapat izin dari Pemerintah Arab Saudi,” ungkap Menag dalam keterangannya, Kamis (17/6).

Tindakan yang dilakukan tersebut merupakan bentuk antisipasi agar ibadah haji tidak kembali batal tahun depan. “Kita tidak tahu kapan berakhirnya pandemi ini. Tapi karena kita sudah dua kali membatalkan keberangkatan haji akibat ini, maka untuk tahun depan harus diantisipasi lebih awal,” jelasnya.

Menag mengakui, jika dibandingkan dengan pandemi global yang pernah terjadi, Covid-19 ini merupakan peristiwa yang memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat dunia. Termasuk dalam pergerakan lintas negara maupun benua.

“Saat ini misalnya, sulit untuk masuk Saudi. Penerbangan Indonesia sampai saat ini tidak boleh masuk. Ini pastinya mengganggu semua aktivitas,” tutur Menag.

Baca Juga: Tak Terima Candaan Yasonna Soal AHY, Santoso Demokrat Ngomong Begini

Untuk itu, Menag berharap seluruh pihak dapat bersabar dan tak henti berdoa agar ikhtiar persiapan penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan pemerintah memperoleh jalan terbaik.

“Kami juga mengharapkan kerja sama IPHI (Ikatan Persatuan Haji Indonesia) untuk bisa mengedukasi calon Jemaah haji Indonesia,” pinta Menag.


Credit: Source link