Garda Revolusi Iran Pantau Kapal Perang AS di Selat Hormuz

by

in
Garda Revolusi Iran Pantau Kapal Perang AS di Selat Hormuz

Angkatan Laut AS mengatakan USS Dwight D Eisenhower belum ada di Teluk sejak 2016 (Video screen-grab / kantor berita Tasnim)

Teheran, Jurnas.com – Korps Pengawal Revolusi elit Iran (IRGC) berhasil mengelola penerbangan pengawasan atas kapal induk Amerika Serikat (AS).

Menurut kantor berita semi-resmi Tasnim pada Sabtu (27/4) laporan itu termasuk rekaman berasal dari pesawat tak berawak yang terbang di atas USS Dwight D Eisenhower dan kapal perang AS lainnya di Teluk.

Tasnim tidak mengkonfirmasi kapan rekaman itu ambil. Yang jelas, itu terjadi setelah pemerintah AS awal bulan ini menetapkan IRGC sebagai “organisasi teroris” – langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya itu.

Teheran juga mengumumkan tindakan pembalasan, dengan menyatakan AS sebagai “sponsor negara terorisme” dan pasukan AS di kawasan Timur Tengah kelompok terorisme.

Drone yang mengambil rekaman adalah Ababil-3 dengan kemampuan penerbangan delapan jam pada 3.658 meter dan jangkauan 250 kilometer.

Juru bicara Komando Pusat Angkatan Laut AS, Letnan Chloe J Morgan, mengatakan kepada The Associated Press, Eisenhower belum ada di Teluk sejak 2016. Ia mengatakan AS dan sekutunya berkomitmen untuk kebebasan navigasi di Selat Hormuz.

Selat Hormuz yang merupakan tempat perlintasan hampir sepertiga minyak dunia merupaka jantung persoalam sejak masa lalu antara AS dan Iran, termasuk pertempuran laut satu hari pada tahun 1988.

Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut AS menuduh kapal-kapal patroli Iran melecehkan kapal perang AS di jalur Selat Hormuz.

Pada 2016, angkatan laut Iran juga mengambil rekaman video kapal induk bertenaga nuklir USS Harry Truman, yang berbasis di Norfolk, Virginia. Saat itu di Teluk meluncurkan serangan udara dan operasi pendukung terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Irak dan Suriah.



TAGS : Kapal Perang Amerika Serikat Selat Hormuz Iran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/51794/Garda-Revolusi-Iran-Pantau-Kapal-Perang-AS-di-Selat-Hormuz/